Tuesday 30 August 2016

Amerika Serikat Dan India Jalin Kerjasama Militer Sebagai Respon Terhadap Sikap Agresif Militer Tiongkok Di LCS


Amerika serikat dan India menandatangani perjanjian penggunaan bersama wilayah darat, udara dan laut untuk perbaikan armada militer dan pemasokan logistik mereka, langkah ini di ambil sebagai upaya melawan ketegasan maritim yang di keluarkan Tiongkok.

Pernyataan tersebut di sampaikan oleh Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat, Ash Carter dalam konferensi pers bersama Menteri Pertahanan India Manohar Parrikar di Pentagon senin waktu setempat (29/08/2016).

Kerjasama kedua Negara itu menjadi upaya melawan kekuatan militer Tiongkok yang mulai meningkatkan aktifitas militer nya terkait dengan konflik di Laut Cina Selatan, Apa lagi saat ini ramai di beritakan Tiongkok belum dapat menerima keputusan atas klaim di Laut Cina Selatan yang di keluarkan pengadilan Internasional.

Namun India menyatakan pihak nya tidak memberi izin kepada Amerika Serikat untuk mendirikan pangkalan militer di India, karena di khawatirkan perjanjian akan memberi otoritas Amerika Serikat di India dan melemahkan otonomi tradisional.

Selain itu Presiden Amerika Serikat Barrack Obama di jadwalkan akan melakukan kunjungan ke Filipina pada tanggal 6 September nanti. Dalam kunjungan nya tersebut Presiden Obama berencana bertemu dengan Presiden Filipina guna membicarakan sejumlah isu tentang HAM dan masalah keamanan kedua Negara, terutama mengenai ketegangan yang meningkat di Laut Cina Selatan.

0 comments:

Post a Comment