Wednesday 22 February 2017

Jepang Mungkin Akan Menawarkan Truk Militer ke ASEAN, Termasuk Ke Indonesia


Jepang mencoba untuk meningkatkan kerja sama pertahanan dengan Asia Tenggara. Negara Matahari Terbit itu ingin menawarkan kendaraan transportasi bekas Angkatan Darat Self Defense Force.

Dilansir dari Nikkei (19/02), Pemerintah Jepang berencana untuk merampingkan militernya yang akan memungkinkan Jepang untuk menyumbangkan peralatan pertahanan ke mitra asing.

Jepang ingin berbicara dengan negara-negara penerima seperti Filipina, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Indonesia pada tahun ini.

Kemungkinan kendaraan yang akan ditawarkan adalah truk dan dump truck yang dapat beoperasi di medan yang tak bersahabat.

Pemerintah Jepang juga mempertimbangkan apakah akan mengirim pasukan SDF kepada negara-negara penerima sehingga mereka bisa melatih militer ASEAN dalam menggunakan kendaraan.

Jepang secara efektif melarang ekspor senjata, tetapi pada tahun 2014 membuka pembatasan dengan mengadopsi tiga prinsip pada transfer alutsista dan teknologi.

China telah lama menyediakan kendaraan militer bekas gratis untuk anggota ASEAN yang merupakan langkah nyata untuk meningkatkan pengaruhnya.


0 comments:

Post a Comment