Tuesday 16 August 2016

Pohon-Pohon Yang Menjadi Saksi Sejarah Dan Masih Ada Hingga Sekarang

Taukah anda jika beberapa pohon tidak hanya berfungsi sebagai penghias atau pelengkap suatu tempat saja, melainkan juga sebagai saksi sejarah terjadi nya peristiwa di masa lampau. Dari peristiwa masa kelam suatu negara, hingga menjadi saksi sejarah religius suatu agama. dan yang lebih menakjubkan nya lagi beberapa pohon saksi sejarah ini ternyata masih terus tumbuh hingga sekarang. Keberadaan nya sering kali di jadikan monumen bersejarah guna menghormati peristiwa yang pernah terjadi.

Pohon apa saja kah itu ?, di mana letak nya ?, dan peristiwa apa saja kah yang terjadi ?, berikut ulasan nya :

Pohon Kalayaan di Filipina


Pohon bernama Kalayaan atau berarti pohon kebebasan ini terletak di dekat Basilica of Our Lady of Immaculate Conception Filipina. Adalah Jendral Emilio Aguinaldo yang menanam pohon Kalayaan ini pada masa konvensi Malolos, pohon ini sekaligus menjadi saksi penting dalam sejarah Revolusi Filipina. 

Tepat di bawah pohon Kalayaan, berlangsung sebuah pertemuan rahasia para petinggi Katipunan yang merupakan kelompok Revolusioner yang tengah berjuang memerdekakan Filipina dan Spanyol.


Saat ini pohon Kalayaan di hiasi sejumlah patung yang menyimbolkan perundingan Katipunan di jaman dahulu. Sosok patung-patung ini menyerupai beberapa anggota tokoh Revolusioner Filipina yang bergabung, seperti Gregorio Del Pilar, Jendral Isidoro Torres, Don Pablo Tecson, Padre Mariono Sevilla dan Dona Basilia Tantoco.


Pohon Sahabi di Yordania



Pohon Sahabi yang berarti pohon yang terberkati, merupakan pohon bersejarah yang di percaya pernah menyaksikan kebesaran Nabi Muhammad SAW sebelum di angkat menjadi Rasul. 

Pohon tua ini menjadi saksi pertemuan biarawan Kristen bernama Bahirah atau Buhairah dengan Nabi Muhammad SAW. Pohon Sahabi yang terletak di bagian utara padang pasir Yordania ini telah melewati 1400 tahun sejarah manusia dan masih tumbuh subur hingga sekarang.


Penemuan kembali pohon Sahabi terjadi secara tak sengaja, yaitu saat pangeran Gazi Bin Muhammad menemukan manuskrip tentang pohon ini saat memeriksa beberapa arsip negara. Pemerintah setempat lantas melestarikan pohon Sahabi ini. Sejumlah ilmuan sengaja di pekerjakan untuk menyelidiki dan memastikan kebenaran tentang sejarah pohon Sahabi.


Pohon Jaya Sri Maha Bodhi di Sri Lanka


Jaya Sri Maha Bodhi adalah sebuah pohon Ara yang terletak di Anuragapura di Sri Lanka, Pohon ini di percaya sebagai cabang pohon Sri Maha Bodhi yang ada di Bodgaya. Menurut cerita, sang Buddha Sidharta Gautama mendapat pencerahan ketika duduk di bawah pohon ini.

Wajar bila pohon Jaya Sri Maha Bodhi di anggap salah satu situs sejarah yang paling penting di Sri Lanka.Karena sangat penting, sejak 2014 pemerintah Sri Lanka dengan tegas melarang ada nya pembangunan dalam radius 500 meter dari pohon ini. Setiap tahun pohon Jaya Sri Maha Bodi di jadikan tempat ziarah populer bagi para umat Budha dari seluruh dunia.


Pohon Caesarsboom di Belgia


Berikut nya ada pohon Caesarsboom, sebuah pohon tua yang di yakini sebagai bagian dari sejarah kejayaan Julius Caesar. Konon pohon yang berada di Lo-Reninge Vlaanderen Belgia ini di gunakan Caesar sebagai tempat berteduh dan mengikat kuda nya dalam masa perjuangan melawan Belgia. 


Menarik nya sebuah sumber ternyata berhasil membuktikan kebenaran kisah ini. Dalam sebuah literatur tertulis bahwa Caesarsboom tumbuh di dekat sebuah bangunan dengan ciri-ciri yang sama persis dengan rumah di samping Caesarsboom pada abad 15. Saat ini pohon yang di perkirakan telah berusia 2000 tahun ini di abadikan sebagai monumen nasional Belgia.


Pohon Cangkiri di Kamboja


Pohon Cangkiri memiliki sebuah arti yang cukup mengerikan, yaitu pohon Pembunuhan. Bukan tanpa sebab pohon Cangkiri di namai seperti ini, karena konon Pohon Cangkiri merupakan salah satu saksi sejarah kelam negara Kamboja karena menjadi lokasi pembantaian yang di lakukan Khmer Merah.

Pada masa itu Khmer Merah melakukan pembantaian besar-besaran terhadap warga sipil yang di anggap berkhianat terhadap rezim nya. warga yang di anggap bersalah di siksa hingga terpaksa mengaku kemudian di bunuh dengan hantaman palu. Yang lebih mengerikan, anak-anak para korbanpun turut di habisi dengan cara mengenaskan, dimana kepala mereka di hantam kepohon Cangkiri hingga tewas agar kelak ketika dewasa mereka tak dapat menuntut balas dendam atas kematian orang tua nya.
Wihh... Ngeri juga yah !!


Saat ini pohon Cangkiri ini di abadikan sebagai monumen bersejarah, sebagai tanda penghormatan terhadap para korban tewas.


Pohon Chene Chapel di Prancis


Chene Chapel adalah sebuah pohon Legendaris yang berada di Allouville Prancis yang selamat dari perang Revolusi. Selama masa Revolusi Prancis, pohon ini menjadi lambang dari sistem pemerintahan Tirani yang di kendalikan oleh kerajaan dan gereja. Pohon yang di perkirakan berusia 800 hingga 1200 tahun ini sudah mati ratusan tahun lalu karena tersambar petir, namun unik nya rongga di dalam pohon ini ternyata berhasil di sulap menjadi dua kapel pada 1669 dan masih dapat di fungsikan hingga kini.

Pohon Anne Frank di Jerman


Kisah tentang Anne Frank telah mendunia, Gadis kecil ini meninggal dalam pembantaian Holocaus oleh pasukan Nazi Jerman. Dalam perjalanan sejarah nya terselip sebuah kisah mengharukan selama masa persembunyian Anne sebelum akhir nya tertangkap oleh pasukan Nazi. Dahulu Anne yang terbiasa menuliskan kisah nya dalam sebuah buku pribadi yang di beri nama “The Diary Of Young Girl” yang menceritakan bagai mana kebahagiaan nya ketika dapat memandangi pohon ini dari jendela tempat persembunyian.


Dalam buku nya, Anne juga sempat menuliskan bahwa dia sangat mendambakan untuk bisa selalu memandang pohon ini sambil menikmati udara segar di pagi hari. Namun tragis, harapan Anne harus terkubur setelah Anne berhasil di tangkap dan di bantai hingga tewas. Kini pohon ini lebih di kenal sebagai simbol pengharapan oleh banyak orang.


Itulah pohon-pohon yang menjadi saksi sejarah dan masih ada hingga sekarang. gimana dengan pohon yang ada di sekitar rumah anda  ??,, kira-kira jadi saksi sejarah apa ya ..??


Kalau di rumah saya sih sering jadi saksi dari aksi kawanan pencuri mangga,, hehehe...

0 comments:

Post a Comment