Tuesday 9 August 2016

Sirkuit Balap Paling Kejam Dan Mematikan Di Dunia



Memacu kecepatan sudah menjadi keharusan bagi setiap para pembalap dunia. Sebenar nya menempuh jarak ratusan kilometer bukanlah masalah besar bagi mereka, masalah nya adalah bagai mana para pembalap ini dapat menguasai karakter sirkuit. Karena dengan menguasai beberapa karakter sirkuit, mereka akan lebih mudah mengendalikan kendaraan di beberapa titik lintasan ketika memacu kecepatan nya dan akan jauh lebih menakutkan apa bila mereka sama sekali tidak menguasai Layout sirkuit. meski telah berlatih di atas kecepatan tinggi, rasa takut, ragu dan cemas kerap hadir dan menghantui para pembalap kala memacu kendaraan nya di sirkuit.

Dalam beberapa kasus, para pembalap harus meregang nyawa di lintasan balap karena beberapa kecelakaan. Tercatat sekitar 200 pembalap tewas setelah mengalami kecelakaan di salah satu kepulauan yang di Inggris. Ada pula sebuah kecelakaan besar di sirkuit Le Mans Prancis yang telah menewaskan pembalap di lintasan dan langsung menerjang puluhan penonton.

Berikut Daftar Sirkuit Balap Paling Kejam dan Mematikan di Dunia :

Sirkuit Isla Of Man TT, Inggris

Sirkuit yang sempat terkenal sejak tahun 1990 ini membentang di salah satu pulau di wilayah bagian barat inggris. berada di pulau Isla of Man, sirkuit paling mematikan ini di kenal dengan nama Isla of Man TT Sirkuit. Sirkuit ini sengaja di buat dengan ragam lintasan melalui kawasan perumahan, desa hingga perkebunan. Kelebihan paling utama di dalam sirkuit ini adalah begitu banyak tikungan serta banyak tanjakan dan turunan yang amat curam di sepanjang lintasan.




Yahh.. para pembalap merasakan sensasi layak nya balapan di tengah jalan raya. Kurang nya unsur keamanan di dalam sirkuit buatan ini menjadikan Isla of Man TT Sirkuit menjadi paling menakutkan bagi kalang pembalap dunia. Data mencatat sekitar 200 pembalap tewas setelah mengalami kecelakaan di sirkuit ini.


Sirkuit Le Mans, Prancis


Dalam ajang balapan The 24 Hours of Le Mans, para pembalap saling adu kecepatan hingga satu hari penuh di atas aspal sirkuit. Sirkuit ini memiliki lintasan lurus sejauh 6 KM lebih, sehingga memungkinkan para pembalap memacu kendaran hingga kecepatan 405 KM/jam. Tinggi nya kecepatan, semakin besar pula resiko terjadi kecelakaan. Para pembalap mulai tak terkendali  dilintasan, akibat nya insiden besar terjadi menyebabkan kematian sang pembalap.

Pada 1955 silam, kompetisi Le Mans 24 Hours dengan pembalap bernama Pierre Lavegh mengalami kecelakaan saat menggeber Mercedes Benz 300 SLR. Mobil nya langsung menerjang penonton, sekitar 84 orang tewas termasuk Pierre Lavegh, sementara 120 orang lain nya luka-luka.



Sirkuit Monza, Italy

Autodromo Nazionale Monza atau lebih di kenal dengan Monza Sirkuit merupakan Sirkuit Italia yang sangat terkenal karena menggelar beberapa ajang balapan kelas dunia seperti Formula 1, motoGP, World Super Bike dan World Touring Car Championship. Sirkuit Monza sepanjang 5.793 KM ini terkenal sebagai Sirkuit yang amat kejam, Sudah lebih dari 50 orang menjadi korban sejak awal mula berdiri pada tahun 1922 silam.



Mengingat kejadian paling tragis di sirkuit ini, yaitu kecelakaan yang menimpa pembalap bernama Wolfgang Von Trips bersama 14 penonton ketika tengah berada di ajang balap dunia GP 1961 silam. Wolfgang menabrak mobil Lotus yang di tunggangi Jim Clark di tikungan parabolika sehingga mengakibatkan benturan yang amat dahsyat!!, alhasil sang pembalap meninggal di tempat beserta para penonton yang juga tewas di lokasi kejadian.

Sirkuit Indianapolis, Amerika Serikat

Sirkuit yang satu ini sangat terkenal di ajang Formula 1 dan ajang MotoGP,, yahh.. Sirkuit Indianapolis. Meski telah berakhir untuk penyelenggaraan F1 di 2007 silam, sampai sekarang Sirkuit sepanjang 4.168 KM ini masih tetap menyelenggarakan Race MotoGP.



Salah satu lomba yang amat di tunggu-tunggu di Sirkuit ini adalah kompetisi Indi 500 Prix. Layout Sirkuit yang sangat simple dan mampuh memacu kecepatan full hingga 385 KM/jam membuat tensi kompetisi di Sirkuit ini sangat ketat dan menegangkan, di tambah dengan 16 tikungan pada Sirkuit menjadikan Sirkuit Indianapolis sebagai momok bagi para pembalap dunia.
Tercatat sudah ada sekitar 42 pembalap yang tewas di ajang Indi 500 di atas Sirkuit Indianapolis.

Sirkuit Rally Dakar

Di banding dengan Sirkuit buatan lain di dunia, Sirkuit ini bisa terbilang sangat Extreme. Sirkuit yang di kenal dengan Sirkuit Rally Dakar ini menjadi tantangan terbesar bagi para Off Roader dunia  yang ingin menentang layout Sirkuit yang membentang dari Paris hingga Senegal.



Kondisi Sirkuit membuat para pembalap Rally gugur karena kepanasan dan mengalami kendala kerusakan pada mobil akibat cuaca yang sangat panas. Di perkirakan hingga saat ini sudah ada 40 pembalap selama mengikuti Rally ini, sejak 2009 rata-rata Rally Dakar menelan korban 1 orang/tahun. Layout Rally dakar saat ini menjadi berubah rute, start dan Finish di Buenos Aires.

Sirkuit Spa-Francorchamps



Track Sirkuit The Spa-Francorchamps merupakan Sirkuit paling di nanti-nanti para pembalap dunia. Michael Schumicher telah 6 kali menang berlomba di dalam Sirkuit ini, menurut nya track sepanjang 14 KM ini memberikan kesempatan pada Michael untuk memacu gas lebih kencang di setiap tikungan, namun agak berbeda dengan beberapa pembalap yang belum menguasai secara baik track di sini.

Seperti kejadian yang menimpa pembalap bernama Chris Bristow pada tahun 1960 silam. Mendadak dengan kecepatan tinggi mobil Chris melesat terhempas di tikungan burnenville dan langsung terlempar menuju kawat berduri, Sang pembalap pun langsung tewas dengan luka parah di kepala nya. pasca kejadian tersebut track Sirkuit yang awal nya sepanjang 14 KM di ubah karena faktor keamanan menjadi 7 KM.



Menurut data akibat kecelakaan di Sirkuit Spa-francorchamps, 23 pembalap tewas terpental keluar lintasan.

Sirkuit Imola, San Marino



Satu lagi Sirkuit yang membawa malapetaka bagi banyak pembalap di dunia, Sirkuit sepanjang hampir 5.000 KM ini membentang luas di tanah San Marino, Italia. Sirkuit Imola tergolong sebagai salah satu Sirkuit paling Extreme sepanjang masa, Sirkuit ini memiliki bentuk lintasan yang di dominasi dengan tikungan cepat plus segi keamanan pinggir lintasan yang sengaja di buat tanpa ada nya grafel yang cukup untuk melindungi pembalap yang keluar lintasan. Dari beberapa kejadian kecelakaan di Sirkuit ini, sebanyak 20 pembalap meninggal.

Seperti hal nya kecelakaan tragis pada 1994 silam. peristiwa mengenaskan ini menimpa pembalap asal brazil, Ayrton Sena. Saat masuk di lap ke 5, Sena lepas kendali ketika menikung di tikungan tamburello dan tak lama kemudian bendera merah berkibar dan race saat itupun resmi di hentikan.




Kurang lebih itulah Sirkuit-Sirkuit balap paling kejam dan mematikan menurut penulis. So Hati-hati yahh kalau mau geber kendaraan, sekalipun membalap nya di dalam Sirkuit bukan berarti bisa bebas untuk memacu kendaraan. Mending kalau mau balap, balap nya di dalam Lorong aja pake odong-odong,, biar aman Bro Hehe..

0 comments:

Post a Comment