Saturday 24 September 2016

Lockheed Martin meluncurkan pesawat F-35 Lightning II pertama pesanan Jepang pada jumat 23 September 2016

Peluncuran perdana tersebut dilakukan di fasilitas produksi Lockheed Martin di Forth Worth Texas dan dihadiri para pejabat senior dari Jepang dan Amerika Serikat.


Kepala Staf Pasukan Dela Diri Udara Jepang, Jenderal Yoshiyuki Sugiyama yang hadir dalam acara tersebut menyebutkan bahwa F-35A memiliki sistem yang canggih sebagai pesawat tempur generasi 5 dan akan menjadi "game-changer' dalam perkembangan operasi tempur udara.


Jenderal Sugiyama menyebutkan bahwa integrasi F-35A dengan alutsista yang saat ini digunakan Pasukan Bela Diri Udara Jepang jelas akan akan memberikan kontribusi tidak hanya untuk pertahanan nasional tapi untuk stabilitas kawasan.

Program pengadaan F-35 Jepang direncanakan sebanyak 42 unit tipe F-35A (versi Take-Off /Landing konvensional) dan didapatkan lewat program penjualan luar negeri pemerintah Amerika Serikat (Foreign Military Sales Program).

4 unit pertama akan diproduksi oleh Lockheed Martin di Forth Worth Texas sedangkan sisa 38 pesawat akan dirakit di fasilitas Mitsubishi Heavy Industries Final Assembly and Check-Out di Nagoya, Jepang.

0 comments:

Post a Comment