Sunday 25 September 2016

"Penyihir Malam" Pilot Wanita Mematikan Soviet Pada Perang Dunia 2


Soviet tidak hanya terkenal dengan para sniper wanita mereka namun juga terkenal dengan para pilot wanita mematikan. "The Night Witches" (Penyihir Malam) adalah julukan yang diberikan pasukan Jerman kepada para wanita penerbang pesawat bomber ringan dari Resimen Pengebom malam ke 588.

Berasal dari para relawan wanita yang kebanyakan masih berumur 17-20 tahun. Resimen ini dibentuk oleh Kolonel Marina Raskova dan dipimpin oleh Mayor Yevdokia Bershanskaya. Para penerbang wanita ini banyak mengobrak-abrik garis belakang pasukan Jerman di front timur, target mereka adalah depot suplai, perkemahan dan daerah basis pasukan Jerman. Yang unik adalah mereka hanya menggunakan pesawat Polikarpov Po-2 yang sebetulnya digunakan sebagai pesawat latih dan pertanian, pesawat ini hampir semua komponennya terbuat dari kayu. 


Para pengebom cantik ini memiliki trik khusus dikarenakan pesawat mereka hanya mampu membawa 6 bom maka mereka juga membawa bom lainnya di kokpit dan menjatuhkannya dengan tangan. mereka juga mempunyai teknik khusus dalam pengeboman yaitu mereka akan mematikan mesin mereka dan terbang rendah menuju sasaran ketika akan menjatuhkan bom agar sulit terdeteksi.

Pesawat Po-2 yang digunakan para Night Witches ini seringkali lolos dan tidak terdeteksi oleh radar pasukan Jerman karena pesawat tersebut memiliki sifat Unreflective dari permukaan kanvas. begitu pula jika menggunakan pendeteksian Inframerah, pesawat akan sulit terdeteksi karena dengan menggunakan mesin 110-hp hanya akan menghasilkan emisi panas yang kecil.

pada akhir perang Dunia 2, tercatat sekitar 30.000 serangan bom dilakukan, dengan menjatuhkan  sekitar 23.000 ton amunisi yang tepat mengenai para pasukan Jerman dan tercatat Resimen ini kehilangan 30 pilot selama pertempuran.

Saking sangat mengganggunya serangan-serangan yang dilakukan oleh para penerbang wanita ini, pihak Jerman-pun menjanjikan akan memberi mendali Iron Cross pada pasukan mereka yang mampu menembak jatuh salah satu dari para "Penyihir Malam" ini. 

Salah satu Pesawat The Night Witches yang tertangkap oleh pasukan Jerman

0 comments:

Post a Comment