Tuesday 20 September 2016

RBS 15 Rudal Multiplatform Produksi SAAB,, Alternatif Lain Untuk Alutsista Pemukul TNI


RBS-15 yang merupakan produk Alutsista dari SAAB Swedia tidak hanya berperan dalam pertahanan udara TNI, tapi juga pada bidang pertahanan di laut dengan mengakuisisi 4 unit Rudal unggulan yang termodern dan tercanggih untuk dipasang mempersenjatai 1 unit kapal perang Trimaran terbaru TNI AL yaitu KRI Klewang 2 buatan PT Lundin Invest.

RBS-15 adalah Rudal yang dapat diluncurkan dari platform darat, laut dan udara. Dari spesifikasinya Rudal ini masuk katagori rudal jelajah dengan pola operasi Fire and Forget (tembak dan lupakan). Salah satu kemudahan operasionalnya adalah dalam hal integrasinya ke CMS, Rudal ini dapat dioperasikan secara Stand Alone atau Full Integrated Architectur. Rudal bekerja pada pola Beyond The Horizon operation (dibalik garis cakrawala) karena memiliki jangkauan jelajah diatas 200 km.



Untuk menghantam sasaran, Rudal dapat bermanuver diantara pulau berkat teknologi 3D Multiple Waypoint menjadikan gerak rudal sulit dideteksi lawan. Untuk menemukan sasaran, Rudal mengandalkan Seeker berupa High Resolution Active Radar KU Band dan Radar Altimeter. Untuk setup navigasi menggunakan kombinasi GPS dan INS.

Rudal mempunyai kecepatan Subsonic 0,9 Mach, dengan berat 630 kg (ditambah booster menjadi 800 kg), berat hulu ledak 200 kg, memakai mesin TR60-5 Turbojet. Untuk lepas landas dari peluncur Rudal dibantu 2 booster tambahan. 



Rudal dapat mengelak dari pendeteksi jejak InfraRed dan Cross Section,chaff dari kapal,jammer active, decoy serta Pernika. Salah satu keistimewaan dengan adanya sistim Missile Engagement Planning Sistem (MEPS), berguna menghindari hal tidak terduga seperti ditembak Canon CIWS dengan cara bermanuver tinggi sekaligus terbang rendah.

Selain dipasang pada kapal perang, RBS-15 ini juga diproyeksikan dapat dipasang pada Bonefish USV. Semoga setelah Pembelian ini diikuti Transfer of Technologi (TOT).

0 comments:

Post a Comment