Tuesday 6 September 2016

India Akan Menigkatkan Kekuatan Militer Nya Di Dekat Sabang,, Inilah Posisi Strategis Militer India Di Selat Malaka Dan ASEAN


India akan meningkatkan kekuatan militer nya di Kepulauan Andaman dan Nicobar sebagai posisi stragis militer India di selat Malaka dan sebagai Pangkalan terdepan untuk proyeksi kekuatan ke Laut Cina Selatan.

India menempatkan Komando gabungan ketiga matra militer yang mereka miliki di kepulauan tersebut di bawah ANC (Andaman & Nicobar Command). Pangkalan utama terletak di kepulauan Andaman yaitu di Port Blair yang juga memiliki Pangkalan Armada Angkatan Laut serta Pangkalan udara.

Kekuatan India yang ada Di Andaman dan Nicobar saat ini yaitu, Brigade Infanteri sebanyak 3.000 Prajurit, 15-20 kapal patroli jenis OPV dan kapal kecil, Heli Mi-8 dan Pesawat patroli maritim Dornier-228 MPA.

Pada bulan Mei 2015, KSAL India saat itu Admiral Robin Dhowan menyebutkan bahwa fasilitas dan Alutsista yang di tempatkan di ANC akan terus bertambah.

Pulau Nicobar berbatasan dengan Provinsi Aceh Darussalam dan jarak dari Indira Point yang merupakan lokasi paling selatan pulau Nicobar ke pulau Weh (Sabang) adalah 195 KM. Sebagai perbandingan, jarak antara Jakarta-Indramayu kurang lebih 210 KM.

Selama ini India fokus di kawasan mereka sendiri yaitu Asia Selatan (India, Pakistan, Sri Lanka, Bangladesh, Afghanistan). tapi beberapa tahun terakhir mereka punya kebijakan "Look East" alias mulai mengembangkan hubungan dan pengaruh ke kawasan Asia Timur termasuk ASEAN. Dengan pembangunan Armada kapal Induk, India mulai beralih menjadi Blue Water Navy dan pemimpin India sudah bertekad menahan pengaruh Cina di Samudera Hindia maupun Laut Cina Selatan. Dalam beberapa waktu kedepan India bakal jadi pemain aktif di Laut Cina Selatan, mereka cukup dekat dengan Vietnam dan punya kerjasama militer.


INS Saryu, 1 dari 2 kapal OPV India dengan bobot 2.300 ton yang berpangkalan tetap di Andaman.

0 comments:

Post a Comment