Monday 5 September 2016

Tiga Kapal Patroli 28 Meter (KAL 28 Meter) Buatan PT. Tesco Indomaritim Memperkuat Jajaran Tni Angkatan Laut.


Kapal patroli yang di beri nama KAL Marapas, KAL Lemukutan dan KAL Bunyu dari Tesco Indomaritim itu di serahkan kepada TNI Angkatan Laut melalui acara penyerahan yang dipimpin Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi, di Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Senin (5/9/2016).

Ketiga kapal tersebut memiliki panjang 28 meter, lebar 5,85 meter, kecepatan maksimum 28 knot, daya tahan hingga 648 Nm (36 jam pada kecepatan 18 knot), berat penuh 70 ton dan di awaki 15 personil ABK.

KAL Marapas akan memperkuat Lantamal IV Tanjung Pinang, KAL Lemukutan memperkuat Lantamal XII Pontianak dan KAL Bunyu memperkuat Lantamal XIII Tarakan.

Catatan :

PT Tesco Indomaritim mengembangkan 2 desain untuk kapal patroli ukuran 28 meter. Tipe KAL-28 dengan propeller dan yang menggunakan water-jet. Secara total ada 14 kapal yang dibangun hingga 2016. 12 unit KAL-28 Propeller dan 2 unit KAL-28 Water-Jet.


Kapal water jet merupakan kapal yang dalam sistem pengoperasian geraknya menggunakan sistem semburan air sebagai media pendorongnya, sehingga kapal dapat bergerak sesuai dengan kecepatan kapal yang di inginkan. Keistimewaan yang dimiliki oleh sistem propulsi water jet adalah sebagai berikut :


- Dengan tidak terdapatnya propeller dan kemudi di luar kapal, sehingga tidak terjadi obyek-obyek yang dapat memperbesar tahanan total kapal.

- Sangat memungkinkan untuk di operasikan di perairan yang tidak dalam / dangkal.

- Mempunyai kemampuan akselerasi yang baik.

- Mempunyai kemampuan olah gerak kapal yang baik pada saat kecepatan kapal relatif rendah.

- Mempunyai keunggulan olah gerak kapal pada saat kecepatan kapal relatif tinggi.

- Penempatan suction propeller (impeller) di dalam selongsong saluran air pada badan kapal, akan dapat mengurangi terjadinga eksitasi getaran maupun tingkat kebisingan pada kapal.

- Pada saat kecepatan kapal yang relatif tinggi, efisiensi propulsif dapat di usahakan cukup tinggi hingga dapat di sebandingkan dengan sistem penggerak propeller.

0 comments:

Post a Comment