Sunday 23 October 2016

Kapal Destroyer Terbesar Dan Terkuat Type 055 Milik China Mulai Terlihat Bentuknya


Di galangan kapal Jiangnan Changxing, salah satu galangan kapal terbesar di China, kapal perang generasi berikutnya milik China mulai terlihat bentuknya. Destroyer Type 055 pertama yang mulai dibangun pada 2015 direncanakan akan memiliki displacement lebih dari 14.000 ton. Type 055 rencananya akan diluncurkan pada akhir 2017 atau awal 2018.

Ini berarti destroyer tersebut akan menjadi kapal perang terbesar yang dibangun di Asia sejak era Perang Dunia II ketika Imperial Jepang membangun kapal penjelajah kelas Tone. Dengan displacementnya yang besar, akan membuat kapal ini bukan saja menjadi salah satu kapal perang paling kuat di Asia, tapi juga di dunia.

Di bagian tengah Anda dapat melihat modul buritan, Ukuran Type 055 memberikan potensi untuk memuat sistem pertahanan masa depan seperti langkah-langkah anti-torpedo, melengkapi diri dengan drone dan kapal selam tanpa awak.

Foto terbaru yang beredar di Internet Cina menunjukkan sejumlah perkembangan yang menarik dari pembangunan kapal ini. Bagian haluan (depan) dan buritan (belakang) Type 055 sudah selesai. konstruksi dimulai dengan membangun bagian lambung, dan kemudian bagian-bagian tersebut dirakit.



Bagian haluan menunjukkan lambung yang sangat hidrodinamik, dioptimalkan untuk kinerja kecepatan tinggi, dengan karakteristik siluman seperti sudut gunwales (tepi atas dari sisi lambung) dan dek tampaknya tertutup.
Sementara buritan, Type 055 akan memiliki modul hanggar twin helikopter, memiliki setidaknya empat portal untuk senjata dan sensor, seperti berbagai sonar tarik, sonar variabel kedalaman, umpan torpedo dan pertahanan torpedo aktif. Hal ini menunjukkan Type 055 akan memiliki kemampuan anti-kapal selam yang tangguh. China belajar dari sejarah dengan kerentanan mereka melawan kapal selam.

Type 055 akan memiliki empat radar AESA ukuran besar dengan cakupan 360 derajat, sistem komando terkoneksi dan fasilitas kontrol untuk mengelola gudang besar dari 128 sistem peluncuran vertikal (VLS), sistem artileri dan peperangan elektronik, serta operasi bersama multi-domain dengan aset lainnya. Dengan melampirkan berbagai sensor dan antena komunikasi dalam tiang terpadu, desain ini juga meningkatkan karakter siluman.

"Destroyer Type 055 akan menjadi kapal perang paling cakap yang dimiliki China, dengan 128 shell peluncuran vertikal untuk rudal (VLS), dan empat radar yang sangat kuat".

Ukuran besar Type 055 memungkinkan untuk menempatkan beberapa helikopter atau teknologi masa depan seperti beberapa drone atau kendaraan tanpa awak permukaan dan bawah air.
Ukuran raksasa Type 055 juga berguna untuk membawa perlengkapan dan bahan habis pakai selama penyebaran global. Meskipun belum dalam desainnya sekarang, ukuran kapal ini juga menawarkan potensi untuk perbaikan desain dimasa depan, seperti melengkapi kapal dengan penggerak listrik yang terintegrasi dan melengkapi kapal dengan senjata masa depan seperti laser dan railguns jika teknologi tersebut telah dikuasai oleh China.

0 comments:

Post a Comment