Sunday 23 October 2016

Kementerian Pertahanan RI Menyiapkan Dana $780 Juta USD Untuk Pembelian Frigat Baru Buat TNI AL

Kepala Staf Angkatan Laut RI, Bapak Laksamana TNI Ade Supandi beserta delegasi dari TNI AL dan Kementerian Pertahanan RI setibanya di Kopenhagen langsung melakukan kunjungan dan peninjauan kapal frigate Peter Willemoes F362, bertempat di pangkalan AL pelabuhan Korsor Denmark. 


Kunjungan KSAL Ade Supandi ke Denmark ini merupakan rentetan kunjungan yang dilakukan delegasi Indonesia dalam setahun terakhir dan kunjungan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kerja sama alih teknologi di bidang industri strategis. Indonesia secara konsisten memajukan kerja sama alih teknologi dengan berbagai negara mitra, termasuk dengan negara Denmark.


Denmark gencar melakukan penawaran Iver Huitfeldt Class kepada Indonesia. Agustus lalu, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu juga melakukan kunjungan yang sama ke Denmark. Iver Huitfeldt Class memiliki kapabilitas tempur yang tinggi. Jika fregat ini benar-benar diakusisi oleh Indonesia, TNI AL akan penjadi pengguna kapal perang tercanggih di kawasan Asia Tenggara. Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Indonesia, frigat berbobot 6.649 ton ini ditawarkan dengan fleksibilitas dan kustomisasi, bahkan Denmark menawarkan pembangunan kapal light destroyer ini di Indonesia.

Spesifikasi kapal memiliki panjang 138,7 meter, lebar 19,75 meter, dan draft 5,3 m. Dengan empat mesin diesel MTU 8000 20V M70 berkekuatan 8,2 MW permesin, mampu dipacu hingga kecepatan 30 knots atau 56 km/jam. Kapal ini dapat menjelajah hingga 9.000 mil laut atau sekitar 17.000 km pada kecepatan 18 knots.
Selain itu kapal ini terdapat hanggar dan dek untuk helikopter ukuran medium atau helikopter dengan berat 20 ton. 
Menurut Wikipedia.org, satu unit kapal ini bernilai US$ 325 juta. Melihat perencanaan alutsista TNI terakhir, tercantum pengadaan kapal frigate dengan dana sekitar US$ 780 juta. Bila TNI AL melirik dan memesan kapal frigate Iver Huitfeldt Class dengan bobot sekitar 6.645 ton, merupakan lompatan besar dalam armada TNI AL dan tercanggih di Asia Tenggara.

0 comments:

Post a Comment