Wednesday 19 October 2016

PTDI Selesaikan CN235 TNI Angkatan Udara Dan CN212 TNI Angkatan Laut


PT Dirgantara Indonesia (PTDI) saat ini tengah mengerjakan produksi pesawat terbang, termasuk helikopter, baik yang dipesan oleh lembaga dalam negeri maupun negara lain.
PTDI menjelaskan telah selesai mengerjakan CN235 dan CN212 yang dipesan oleh TNI Angkatan Udara dan Angkatan Laut.


Sementara saat ini, perusahaan industri pesawat terbang nasional yang berdiri pada 1976 dengan nama PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio tersebut sedang mengerjakan CN235 dan CN212 dengan memperbarui beberapa teknologi aerodinamik dan avionik.

“Produksi pesawat PTDI kami tujukan khususnya untuk memperkuat alutsista dalam negeri,” kata Direktur Utama PTDI Budi Santoso dalam wawancara pada Selasa 18 Oktober 2016.
Dia menambahkan untuk sistem persenjataan PTDI bekerja sama dengan perusahaan manufaktur senjata militer, PT Pindad.
Selain memenuhi pesanan dalam negeri, PTDI juga sedang mengerjakan CN235 pesanan Thailand dan Senegal, serta CN212 yang dipesan oleh Filipina, Thailand dan Vietnam.

CN235 merupakan pesawat terbang serba guna yang memiliki kemampuan STOL (Short Take-Off and Landing) atau mampu tinggal landas dan mendarat di landasan pendek (800 meter) serta berpermukaan kasar.
Keserbagunaan CN235 juga didukung oleh “ramp door” di bagian belakang pesawat untuk memudahkan pemuatan dan pembongkaran barang atau pasukan, sehingga dapat digunakan sebagai pesawat militer atau pesawat angkutan sipil.

Beberapa pesawat PTDI yang telah selesai dibuat dan diantarkan kepada pemesan di dalam negeri, yaitu 7 unit CN235 versi angkut militer, 5 unit CN235 versi angkut sipil dan 2 unit NC212.
Selain itu, 1 unit CN235 versi angkutan sipil juga telah dikirim ke Venezuela dan 2 unit diantarkan ke Thailand.
Sementara itu, tipe pesawat versi angkutan militer telah diantarkan ke Burkinafaso 2 unit, Uni Emirat Arab 6 unit, Korea Selatan 7 unit dan Malaysia 6 unit.

0 comments:

Post a Comment