Tuesday 18 October 2016

Pantsyr-SM Segera Dibangun, Apa Ya Kelebihannya Dibanding Yang Lama ??


Rusia akan memulai produksi versi baru dari sistem self-propelled anti-aircraft gun and missile (SPAAGM) Pantsyr (SA-22 Greyhound). Sistem senjata ini direncanakan siap untuk beroperasi sekitar tahun 2018.

Vladimir Popov, Direktur Umum Perusahaan Shcheglovsky Val (anak perusahaan dari High-Precision Systems Corporation) mengatakan tahap desain telah selesai dan pembuatan prototipe akan segera dilakukan. “Tahun ini atau awal tahun depan, kita akan mulai membuat prototipe,” katanya sebagaimana dikutip IHS Jane Senin 17 Oktober 2016. Lantas apa kelebihan dari Pantsyr-SM dibanding varian sebelumnya?

Sistem ini disebut memiliki kemampuan deteksi yang ditingkatkan secara signifikan dan kemampuan terlibat pada target yang lebih banyak dibandingkan pendahulunya.
Pantsyr-SM juga akan dilengkapi dengan radar array aktif baru yang akan mendorong kemampuan deteksi dan identifikasi dari 40 km menjadi 75 km. Seperti Pantsyr-S2, Pantsyr-SM diharapkan memiliki radar berputar bi-directional.


Selain itu, rentang tembak Pantsyr-SM diharapkan menjadi 40 km atau dua kali lipat dibandingkan pendahulunya yang hanya 20 km. Ini berarti sistem akan menggunakan rudal baru yang lebih besar.Menurut Popov, sebuah chassis KAMAZ truk 8×8 akan digunakan untuk mengusung sistem baru ini.

Sementara itu, Dmitry Konoplyov, Direktur Eksekutif Instrument Design Bureau (anak perusahaan High-Precision Systems) mengatakan bahwa Kapal Proyek 11442M Kirov Class, Admiral Nakhimov akan menjadi kapal pertama kapal Angkatan Laut Rusia yang akan menerima menerima versi navalised (Pantsyr-M) dari sistem pertahanan udara ini.

“Sistem akan mulai siap tahun depan. Admiral Nakhimov adalah kapal perang pertama yang akan menggunakannya,” katanya. Dia menambahkan bahwa kapal tersebut akan dilengkapi dengan enam sistem Pantsyr-M.

Pantsyr-M akan menggunakan radar fitur static array quad-directional, dan akan menggunakan rudal yang sama dengan Pantsyr-S1 / Pantsyr-SM dan rudal Hermes-K yang sedang dikembangkan untuk digunakan terhadap sasaran permukaan kecil, dan pesawat yang bergerak lambat seperti helikopter.

Rusia berencana untuk menggunakan Pantsyr-M guna menggantikan sistem pertahanan udara Kortik/Kashtan (SA-N-11 ‘Grison’) yang digunakan sejumlah kapal perang Rusia.

0 comments:

Post a Comment