Friday 17 March 2017

Angkatan Laut Jepang Terima Kelas Souryu Kedelapan


Angkatan Laut Bela Diri Jepang (JMSDF) telah menerima kapal selam diesel listrik (SSK) kelas  Souryu  kedelapan dari Kawasaki Heavy Industries (KHI).

Kapal dengan berat 4.100 ton (saat terendam) ini diberi nama Sekiryu dengan umbul lambung 508 ini diserahkan pada 13 Maret dalam sebuah upacara yang diadakan di fasilitas KHI di Kobe.

SSK adalah kapal kelas Souryu keempat yang akan dibangun oleh KHI, dan pertama kali ditetapkan pada Maret 2013. Kapal ini diluncurkan oleh pembuat kapal di November 2015.

IHS Jane melaporkan kelas Souryu memiliki panjang 84 m, lebar 9.1 m, dan draft lambung 8,5 m. Platform, didukung oleh dua mesin diesel 25/25 Kawasaki 12V, dan empat mesin propulsi udara independen atau air-independent propulsion (AIP) Kawasaki Kockums V4-275R Stirling. Kapal ini memiliki kecepatan tertinggi 20 kt ketika terendam, dan 12 kt ketika muncul.

Kelas Souryu dilengkapi dengan enam tabung busur 533 m yang dapat menembakkan torpedo kelas berat Type 89 yang dikembangkan sendiri oleh Jepang. Kapal juga mampu menembakkan rudal anti kapal  UGM-84C Harpoon. Setiap kapal juga telah dilengkapi dengan peluncur penanggulangan bawah air.


Angkatan Laut Jepang saat ini mengoperasikan tujuh armada SSK Kelas Souryu, empat di antaranya dibangun oleh pembuat kapal lain di Jepang, Mitsubishi Heavy Industries (MHI). Pada akhirnya mereka berharap bisa memiliki 12 kapal yang akan diterima terakhir pada 2021.

0 comments:

Post a Comment