Monday 20 March 2017

Filipina Mulai Terima Pesawat Maritim TC-90 Jepang


Angkatan Laut Jepang segera mengirim dua pesawat patroli maritim TC-90 untuk Filipina. Pesawat akan diterbangkan oleh kru Jepang ke fasilitas udara Angkatan Laut Filipina ini (PN) Sangley Point pada 27 Maret 2017 nanti.

Juru Bicara Angkatan Laut Filipina, Kapten. Lued Lincuna, dalam sebuah wawancara dengan News Agency Filipina (PNA) Jumat 17 Maret 2017, mengatakan dua pesawat yang dikirimkan merupakan bagian dari lima TC-90 yang disewa Filipina. Lincuna mengatakan Angkatan Laut akan mendapatkan tiga TC-90 sisanya sebelum akhir tahun.

TC-90 akan menambah kekuatan armada patroli maritim Filipina yang saat ini diisi oleh Norman Britten BN-2 Islander. November lalu, dua pilot Angkatan Laut dan enam anggota awak pesawat berangkat ke Jepang untuk memulai pelatihan penerbangan TC-90 mereka.

Departemen Pertahanan Nasional Filipina sebelumnya mengumumkan bahwa Filipina akan melengkapi kembali TC-90 Jepang setelah sejumlah teknologinya dilucuti dengan beberapa peralatan, termasuk sistem pengawasan.

Filipina akan membayar sewa tahunan sebesar US$7.000 untuk masing-masing empat pesawat pertama. Sementara untuk pesawat kelima hanya US$200 dengan total US$28,200, sebagaimana diatur dalam perjanjian sewa.

Departemen ini juga melihat kemungkinan menggunakan TC-90 selama 20 tahun jika militer melakukan upgrade peralatannya. TC-90, yang merupakan bagian dari keluarga pesawat Beechcraft King yang ditawarkan Jepang tidak lama setelah Perjanjian Mengenai Transfer Peralatan dan Teknologi Pertahanan diselesaikan 29 Februari lalu.


Kisaran patroli TC-90 dua kali lipat dibandingkan pesawat kecil yang digunakan Filipina saat ini yang hanya memiliki jangkauan maksimal 300 km.

0 comments:

Post a Comment