Tuesday 21 March 2017

Sudah Borong A400M, Jerman Juga Beli 6 Super Hercules, Buat Apa?


Pemerintah Jerman berencana untuk membeli enam pesawat angkut militer Lockheed Martin C-130J Super Hercules dengan harga sekitar US$ 966 juta mulai tahun 2019. Pembelian ini dilakukan berdasarkan perjanjian operasi bersama dengan Prancis.

Jerman dan Prancis mulai bekerja pada kesepakatan pada bulan Oktober dan mengumumkan rencana besar mereka pada pertemuan aliansi NATO Februari lalu. Menurut dokumen yang dilihat Reuters Kementerian Keuangan Jerman mengatakan Berlin secara resmi meminta pengadaan pesawat di tahun 2019.

Prancis telah memerintahkan empat pesawat serupa dan berencana untuk membeli dua lagi untuk digunakan di Pangkalan Evreux, Perancis dan dioperasikan bersama oleh kedua negara. Armada gabungan direncanakan siap untuk digunakan oleh 2021.

Angkatan udara Jerman awalnya berharap untuk membeli sampai 12 C-130J untuk armada bersama sehingga bisa beroperasi beberapa di Prancis, dan mendirikan basis kedua di Jerman. Namun Kementerian Pertahanan hanya memutuskan untuk membeli enam pesawat dengan alasan masalah keuangan. “Kebutuhan diidentifikasi dan itu tidak berubah,” kata salah satu sumber dikutip Reuters Sabtu 18 Maret 2017.

Jerman mengatakan membutuhkan C-130J mengangkut untuk menambah 53 armada  Airbus A400M dan mengisi kesenjangan kemampuan yang akan datang mulai tahun 2021 ketika Jerman harus mempensiun armada C-160 Transall.


0 comments:

Post a Comment