Friday 17 March 2017

Taiwan Terus Berhasrat Miliki Jet Tempur F-35B


Di tengah peningkatan anggaran militer yang dramatis dari China dan AS, Taiwan yang berada dalam posisi terjepit juga mengumumkan rencana ambisiusnya. Mereka meninginkan untuk mendapatkan pesawat tempur yang memiliki kemampuan lepas landas pendek dan mendarat vertikal atau vertical/short take-off and landing (V/STOL). Jelas bahwa Lockheed Martin F-35B menjadi kandidat utama.

Taiwan saat ini memiliki sekitar 140 F-16  yang akan segera di upgrade  ke varian F-16V. Tetapi Angkatan Udara Taiwan sepertinya belum puas dengan hal itu dan berharap mereka bisa memiliki pesawat generasi kelima.

Pada  Kamis 16 Maret 2017, Kementerian Pertahanan Taiwan sebagaimana dilaporkan Taiwan News Agency mengatakan dalam kajian pertahanan empat tahunan dinyatakan bahwa pesawat siluman dengan kemampuan V/STOL   diperlukan untuk angkatan laut dan angkatan udara guna mengimbangi kenaikan anggaran militer China yang tahun ini mencapai  7%.

Pemerintahan Trump sebagaimana disebutkan dokumen yang diperoleh Washington Free Beacon menyatakan telah berjanji memberikan paket senjata yang lebih baik kepada Taiwan. Langkah yang jelas akan membuat China makin gerah.

Kementerian Pertahanan Taiwan menyebutkan pesawat dengan kemampuan lepas landas pendek dan mendarat vertikal diperlukan untuk melawan kemampuan militer China serta bisa beroperasi dari tempat terpencil.

Angkatan Udara Taiwan memang sudah lama tergila-gila dengan F-35B. Bahkan Taiwan menolak ketika pada Januari 2016 muncul laporan bahwa Taiwan berkesempatan mendapatkan pesawat AV-8 Harrier bekas Korps Marinir AS yang juga memiliki kemampuan V/STOL.
Angkatan Udara Taiwan tidak begitu bernafsu dengan AV-8 dan tetap berusaha keras untuk bisa mendapatkan akses guna membeli F-35B.

Angkatan Udara Taiwan terus mengejar pesawat tempur siluman ini  meski pemerintah Amerika sepertinya sulit untuk melepaskannya.


0 comments:

Post a Comment