Sunday 19 March 2017

Inggris Akuisisi 1.000 Rudal AGM-114 Hellfire II Lockheed Martin


Inggris akuisisi 1.000 rudal udara ke permukaan AGM-114 Hellfire II Lockheed Martin yang menghabiskan dana sebesar $150 juta dolar AS. Berdasarkan pernyataan Badan Keamanan dan Kerjasama Pertahanan AS (DSCA), Departement Dalam Negeri AS menyetujui penjualan pada Kamis (16/3/2017) lalu terkait pihak Inggris yang meminta 1.000 AGM-114R1/R2 Hellfire II.

Rudal semi aktif laser (semi-active laser/SAL) diminta dengan layanan dukungan logistik serta dukungan program terkait.

“Rencana penjualan ini berkontribusi secara langsung terhadap kebijakan luar negeri dan berbagai kebijakan keamanan nasional Amerika Serikat yang meningkatkan kemampuan dukungan udara Inggris dalam mendukung NATO serta operasi koalisi lainnya,” ujar pejabat DCSA, seperti dikutip IHS Jane’s, Jum’at (17/3/2017).

Kesamaan antara kemampuan dukungan udara sangat meningkatkan interoperabilitas bagi militer inggris maupun AS dan pasukan penjaga perdamaian, serta memungkinkan untuk membagi beban yang lebih besar.

Di Inggris, Hellfire (Heliborne, Laser, Fire and Forget) disematkan pada helikopter serang AgustaWestland, Boeing AH-64D Apache Longbow yang dioperasikan Korps Udara Angkatan Darat Inggris. Selain itu, Hellfire juga tersematkan pada UAV (unmanned aerial vehicle) General Atomics MQ-9 Reaper yang dioperasikan Angkatan Udara Inggris (RAF).

0 comments:

Post a Comment