Friday 17 March 2017

Pasifik Makin Hangat, Prancis Ikut-Ikutan Kirim Kelas Mistral


Tidak hanya Amerika dan Jepang yang pamer kekuatan dengan mengirimkan kapal-kapal raksasa mereka di depan China. Prancis tidak mau ketinggalan dengan akan mengirimkan salah satu kapal amfibi besar Kelas Mistral milik mereka.

Kapal ini akan memimpin latihan di  sekitar pulau Tinian di Pasifik barat, dengan personel Jepang dan Amerika Serikat serta kapal pengangkut helikopter yang dikirim Inggris.

“Dibandingkan latihan angkatan laut, latihan amfibi ini akan mengirimkan pesan yang jelas ke China,” kata sumber militer sebagaimana dikutip Reuters Jumat 17 Maret 2017. Sumber lain mengatakan latihan ini akan berlangsung pada minggu kedua dan ketiga bulan Mei tahun ini.

Beijing terus memperluas pengaruhnya di luar perairan pesisir ke Pasifik. Langkah ini tidak hanya membuat khawatir Jepang dan Amerika Serikat, tetapi juga menjadi perhatian bagi Perancis yang menguasai beberapa wilayah pulau Pasifik, termasuk Kaledonia Baru dan Polinesia.

China juga sedang membangun kapal induk kedua, yang ketika selesai akan bergabung dengan Liaoning, yang dibeli dari Ukraina pada tahun 1998 dan direnovasi China. Pada bulan Desember Liaoning memimpin sekelompok kapal perang China dan berlayar melalui perairan selatan Jepang.

Tinian adalah bagian dari Kepulauan Mariana Utara, yang meliputi Guam, dengan jarak sekitar 2.500 kilometer (1.553 mil) selatan Tokyo.

Jepang, sekutu dekat AS, memiliki angkatan laut terkuat kedua di Asia setelah China dan menempa hubungan pertahanan lebih dekat dengan Prancis dan Inggris. London pada Oktober mengirimkan empat jet tempur Typhoon ke Jepang untuk berlatih dengan Angkatan Udara Jepang. Ini adalah pertama kalinya jet tempur Typhoon terbang ke Jepang.

Sebelumnya Jepang juga berencana mengirimkan kapal terbesar mereka Kelas Izumo untuk berlayar di sekitar Laut China Selatan. Misi ini mendapat reaksi keras China karena dinilai akan mengganggu situasi wilayah yang disebut Beijing sudah mulai stabil. China juga menyatakan akan merespons aksi Jepang tersebut.

Amerika secara rutin juga mengirimkan kapal besar termasuk kapal induk ke wilayah ini. Kapal Induk USS Carl Vinson dan kelompok tempurnya saat ini tengah merapat di Korea Selatan untuk melakukan latihan militer tahunan bersama Korea Selatan.

Seorang juru bicara Pasukan Bela Diri Jepang mengatakan belum ada keputusan ketika ditanya apakah akan ada latihan amfibi bersama dengan Prancis, Amerika Serikat dan Inggris.


0 comments:

Post a Comment