Saturday 4 March 2017

Rancangan Kapal Selam Rahasia Inggris Ditemukan di Toko Amal


Gambar rinci dari kapal selam nuklir Kelas Trafalgar yang dibangun Inggris adalah salah satu yang paling diburu oleh setiap agen rahasia Uni Soviet pada era Perang Dingin. Sebuah rencana rahasia paling menakutkan yang disusun London yang melawan ancaman Moskow kala itu.

Tetapi kini, gambar rinci itu ditemukan telah dijual di sebuah toko amal yang ada di Barnadao di utara wales. Stella Parker, yang bekerja di toko Porthmadog, menemukan gambar rencana kapal selam itu ketika membongkar koper berisi penuh buku-buku yang disumbangkan kepada toko.

“Semua lapisan koper robek, lalu saya melihat sebuah tulisan di belakang lapisan koper, setelah saya ambil ternyata itu gambar rencana sebuah kapal selam,” katanya sebagaimana dilansir Jumat 3 Maret 2017. “Pada awalnya saya pikir itu adalah gambar teknis karena tampak seperti cetak biru.”

Parker mengambil peta berukuran sekitar panjang 6 kaki dan lebar tiga kaki dan menunjukkan kepada David Dickinson ketika dealer barang antik itu sedang syuting acara televisi Real Deal di Penygroes. Dia membuat tawaran untuk membeli antara  £30 dan £40 tapi dia menolaknya.

“Dia bilang itu peta yang digunakan oleh orang-orang untuk membantu menemukan diri mereka di sekitar kapal selam. Jika mereka adalah cetak biru maka akan memiliki nilai lebih tinggi,” kata Parker. Sayangnya, dia tidak memiliki ruang yang cukup untuk menampilkan peta itu di tokonya.

Dia mengatakan setelah melakukan riset di Google, dia menduga peta itu adalah rancangan dari Kapal Selam HMS Trafalgar, yang merupakan satu-satunya kapal selam di kelas Trafalgar yang memiliki bladed propeller .

HMS Trafalgar

Kapal, yang diluncurkan pada tahun 1981, bertugas di Perang Afghanistan dan menjadi kapal selam Royal Navy pertama yang meluncurkan rudal jelajah Tomahawk melawan pasukan Taliban.


Pada tahun 1996 kapal selam  menjadi terkenal setelah kandas di Isle of Skye selama latihan menyebabkan kapal tersebut rusak. Kapal selam itu akhirnya dihentikan pada tahun 2009.

0 comments:

Post a Comment