Sunday 27 November 2016

Ivan Mikoyan, Perancang Pesawat MiG-29 Meninggal Dunia


Perancang pesawat ternama asal Rusia dan sekaligus salah satu pencipta jet tempur MiG-29 Ivan Mikoyan meninggal dunia pada usia 89. Demikian hal tersebut pertama kali dikabarkan saluran televisi Rusia Rossiya-24.

“Sepanjang hidupnya, Ivan Mikoyan bekerja di biro desain yang didirikan pamannya, Artem Mikoyan, pada 1939. Dia adalah seorang insinyur dan wakil kepala desainer terkemuka,” terang sebuah pernyataan yang disiarkan saluran televisi Zvezda.


Ivan Mikoyan lahir di Uni Soviet pada 1 September 1927. Ayahnya, Anastas Mikoyan (1895-1978) adalah seorang tokoh pemerintah. Sementara pamannya, adik Anastas, Artem Mikoyan (1905-1970) adalah perancang umum pertama biro desain eksperimental MiG.

Ivan lulus dari sekolah mekanik penerbangan militer dan Akademi Teknik Angkatan Udara Zhukovsky untuk menjadi seorang insinyur pesawat terbang. Setelah lulus, ia bekerja di biro desain pamannya. Pada awalnya, ia menjabat sebagai kepala insinyur, tapi kemudian diangkat sebagai wakil kepala desainer. Pada tahun-tahun berikutnya, ia kemudian menjadi penasihat Perusahaan Aviasi Rusia MiG.


Selama karirnya, Mikoyan ikut serta dalam pengembangan desain pesawat tempur MiG-21 dan MiG-29 (kode NATO: Fulcrum). Atas kontribusinya dalam merancang MiG-29, Mikoyan dua kali menerima medali kehormatan Penghargaan Pemerintah Uni Soviet.

MiG-29 adalah pesawat tempur bermesin ganda. Pesawat ini dikembangkan di Uni Soviet pada 1970-an oleh biro desain Mikoyan untuk melawan pesawat tempur baru AS, seperti F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon. MiG-29 resmi masuk dalam layanan Angkatan Udara Uni Soviet pada 1982.

0 comments:

Post a Comment