Thursday 24 November 2016

Penembak Pilot Jet Tempur Rusia Mengaku Tak Bersalah


Alparslan Celik, pilot Angkatan Udara Turki yang dituduh menembak pilot jet tempur Rusia mengaku tidak bersalah. Celik adalah pilot F-16 yang menembak jatuh Su-24 Rusia di perbatasan Suriah November 2015 lalu. Dalam insiden itu, satu dari dua pilot Su-24 yakni Oleg Peshkov berhasil melontarkan diri. Namun, Peshkov kemudian dilaporkan ditembak oleh pesawat F-16 Turki saat berhasil mendarat.

Pada awalnya Celik dikabarkan mengakui telah menembak Peshkov, sesaat setelah dia berhasil mendarat. Namun, tiba-tiba Celik mengubah pengakuannya dan mengatakan dia tidak bersalah atas kematian Peskov.

Menurut pengacara Celik, Murat Ustundag, pengakuan baru ini membuat Kejaksaan Turki melanjutkan penyelidikan atas insiden ini. "Kasus ini belum dilimpahkan ke pengadilan, itu tetap dalam tahap penyelidikan," kata Ustundag, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (24/11/2016).

Jaksa Penuntut Umum akan membuat keputusan tentang apakah akan menyerahkan kasus Celik ke pengadilan atau menutup kasus ini. Celik mengatakan dia tidak bersalah Dia tidak membunuh pilot Rusia," tambahnya.

0 comments:

Post a Comment