Wednesday 30 November 2016

Korea Selatan Luncurkan Kapal Dukungan Tempur Terbesar


Pembuat kapal Korea Selatan Hyundai Heavy Industries (HHI) pada 29 November meluncurkan kapal dukungan tempur seberat 10.000 ton yang dibangun untuk Angkatan Laut Korea Selatan (ROKN).

Kapal yang diluncurkan di galangan kapal Ulsan ini diberi nama Soyang dan menjadi kapal dukungan terbesar yang dimiliki Angkatan Laut Korea Selatan. Kapal selanjutnya akan melakukan uji laut Sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh HHI, kapal memiliki panjang 190 m, lebar 25 m, kecepatan tertinggi 23 kt, dan mampu membawa sampai 10.000 ton minyak dan 1.000 ton makanan dan amunisi. Soyang dilengkapi dengan dek penerbangan untuk menampung helikopter, crane 25 ton dan sistem senjata defensif, termasuk dispenserflare.

HHI mengatakan, dibandingkan dengan kapal sebelumnya, kapal baru ini memiliki kemampuan yang meningkat sangat signifikan terutama dalam kemampuan pemuatan kargo dan manuver.


Soyang akan dapat secara bersamaan menyediakan logistic untuk beberapa kapal dan memainkan peran besar dalam meningkatkan kemampuan operasional ROKN. Kantor Berita Yonhap melaporkan kapal baru akan secara resmi disampaikan kepada Angkatan Laut Korea tahun depan dan akan beroperasi pada semester pertama 2018. Setelah Soyang adalah dalam pelayanan, Angkatan Laut Korea juga akan memiliki empat kapal dukungan besar tambahan.


Soyang juga akan menjadi kapal terbesar kedua yang dimiliki ROKN setelah kapal operator helicopter kelas Dokdo yang memiliki bobot 14.500 ton.

0 comments:

Post a Comment