Saturday 26 November 2016

Su-33 Dan MiG-29K Pindah Ke Pangkalan Darat, Ada Apa Dengan Admiral Kuznetsov?


Sebagian besar jet tempur Rusia yang berbasis di kapal induk dan tengah beroperasi di Mediterania telah dipindahkan ke Pangkalan Udara Humaymim Suriah. Belum diketahui apa penyebab jet-jet tempur itu meninggalkan basis aslinya.

Citra satelit Airbus Defense yang diperoleh IHS Jane menunjukkan pesawat tempur Su-33 diparkir di antara pesawat Angkatan Aerospace Rusia di Humaymim Pangkalan Udara di Suriah pada 20 November. 

Citra menunjukkan delapan Su-33 dan satu MiG-29KR bersama pesawat lain yang sudah ditempatkan di lapangan udara tersebut sebelumnya seperti Su-35, Su-24 dan Su-34.


Kuznetsov dapat membawa sekitar 20 jet cepat dan diketahui telah membawa setidaknya delapan Su-33 untuk penyebaran saat ini di Mediterania Timur. Selain itu juga membawa empat MiG-29K yang satu di antaranya jatuh pada 13 November 2016 lalu.

Tidak jelas kenapa pesawat-pesawat itu dipindahkan. Tetapi seperti dilaporkan sebelumnya, kecelakaan MiG-29K terjadi dikabarkan karena masalah teknis yang terjadi di dek penerbangan Kuznetsov. Pesawat jatuh akibat kehabisan bahan bakar ketika menunggu perbaikan kabel pendaratan yang putus karena pendaratan pesawat sebelumnya.

0 comments:

Post a Comment