Monday 28 November 2016

Mangkrak Bertahun-Tahun, India Akan Pulihkan Puluhan Helikopter Dan Pesawat Afghanistan


Setelah memasok empat helikopter tempur ke Afghanistan, India diam-diam telah meningkatkan bantuan militer dengan mengirim suku cadang dan dukungan perawatan terhadap pesawat militer Afghanistan. Melalui kerjasama trilateral antara India, Rusia dan Pakistan pesawat Afghanistan yang dibeli dari Rusia dan saat ini digrounded karena kurangnya suku cadang akan dipulihkan.

Pejabat militer Afghanistan dikonfirmasi The Hindu mengatakan masalah ini kemungkinan akan dibahas oleh Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Perdana Menteri Narendra Modi ketika mereka bertemu di sela-sela konferensi tingkat menteri Heart of Asia (HoA) keenam yang akan digelar di Amritsar pekan ini dan juga akan dihadiri oleh Rusia.

Dua tim teknis Angkatan Udara India telah mengunjungi Afghanistan bulan lalu untuk menilai persyaratan suku cadang dan pemeliharaan untuk mengembalikan helikopter dan pesawat transportasi era Soviet yang digrounded beberapa tahun.

Setidaknya ada 40-50 helikopter dari berbagai jenis dan beberapa pesawat angkut An-32 yang telah digrounded dalam waktu yang lama karena kebutuhan suku cadang. Kami telah meminta bantuan India dalam perbaikan mereka, ” kata sumber-sumber diplomatik Afghanistan sebagaimana dikutip The Hindu Minggu 26 November 2016.

Tim yang bertugas untuk menilai kebutuhan akan menyampaikan laporan tentang apa yang dapat diberikan oleh India dari persediaan yang ada dan apa yang perlu dibeli dari Rusia yang merupakan pembuatan asli dari perangkat keras. Selama ini pesawat Afghanistan sangat tergantung pada sikap Amerika. Pemberian sanksi terhadap Rusia mengakibatkan mereka tidak bisa membeli suku cadang pesawat dari Moskow. 

Kabul telah lama meminta India untuk mengirimkan peralatan militer ofensif dan sudah beberapa kali menyampaikan daftar keinginan perangkat keras militer yang mendesak. Beberapa item prioritas dalam daftar permintaan Afghansistan atara lain helikopter serang dan utilitas, tank, artileri, amunisi dan suku cadang, selain untuk membantu dalam menghidupkan kembali beberapa peralatan era Soviet dan pabrik di Afghanistan.

Penilaian saat ini adalah khusus untuk suku cadang dan dukungan untuk helikopter dan pesawat dengan Afghanistan dan tidak termasuk penyediaan hardware baru dari India. Kami menunggu tanggapan dari India, “kata sumber tersebut.

India telah memasok tiga helikopter utilitas Cheetal, sebagai langkah pergeseran kebijakan utama, untuk mentransfer empat Mi-25 helikopter serang dari persediaan tahun lalu. Sementara India tampaknya terbuka untuk memasok hardware mematikan, tetapi harus melibatkan Moskow karena sebagian besar peralatan yang diproduksi di Rusia.

0 comments:

Post a Comment