Friday 30 December 2016

Angkatan Laut China Kembali Terima Frigat Siluman


Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China memasukkan ke layanan sebuah kapal perang baru, Type 054A Kelas Binzhou Jiangkai II. Kapal menjadi bagian dari Armada Timur Laut China dan pada Kamis 29 Desember 2016.

Menurut gambar yang muncul di Weibo, situs microblogging China, ini adalah fregat Type 054A kesembilan yang masuk dinas aktif dengan Armada Timur Laut. Salah satu tanggung jawab utama armada ini adalah untuk mendukung invasi amfibi ke Taiwan dalam hal perang. Frigat Type 054A juga andalan Angkatan Laut China untuk pendamping dan misi patroli di Laut Cina Selatan.

Binzhou adalah kapal ke-23 dari Type 054A kapal bertugas aktif dengan Angkatan Laut China dan merupakan tulang punggung peperangan permukaan China. Angkatan Laut China berencana akan menambah empat frigat baru jenis ini pada 2018. Menurut perkiraan biaya yang diterbitkan The Diplomat, harga per unit diperkirakan sekitar US$34,8 juta atau sekitar Rp463 miliar.

Frigat Type 054A melakukan berbagai misi. Kapal kelas ini telah dikerahkan untuk operasi anti-pembajakan di Teluk Aden sejak tahun 2009. Frigat Type 054A juga berpartisipasi dalam latihan maritim Sino-Rusia pada tahun 2015 dan 2016, di samping sejumlah latihan angkatan laut unilateral dan bilateral lainnya. 

Fregat siluman ini dipersenjatai dengan rudal pertahanan udara jarak menengah HQ-16 dan meningkatkan vertikal launching system (VLS) 32 sel di bagian depan. Kapal ini mampu menembakkan rudal anti-kapal dan rudal pertahanan udara serta torpedo anti kapal selam. Selain itu kapal ini juga memiliki senapan AK-630 buatan Rusia dan varian AK-176 76 milimeter untuk sistem senjata jarak pendek.

Beberapa frigat kelas ini juga diketahui telah dilengkapi dengan variabel sonar kedalaman dan sistem array sonar diderek. Selain itu, kapal dilengkapi dengan sistem radar bertahap Type 382 dan sistem radal kontrol penembakan multifungsi Type 344 dan Type 345 yang mampu menargetkan di luar cakrawala.

Type 054A juga memiliki hanggar yang mampu mengakomodasi helikopter Kamov K-27 dan Harbin Z-9 atau kendaraan udara tak berawak (UAV). Kapal memiliki rentang operasi standar dari sekitar 3.800 mil laut atau 7.037 kilometer pada kecepatan 18 knot, dan radius maksimal tanpa pengisian bahan bakar adalah 12.000 kilometer atau 8.000 mil.

Namun sejumlah analis menyebut Type 054A tetap menjadi desain yang terbatas dalam hal ukuran, persenjataan, dan elektronik dan dipandang sebagai desain perantara untuk memainkan peran terbatas khusus dalam pertahanan armada.

Kapal ini hampir pasti akan menjadi bagian dari kelompok tempur kapal induk China, di mana ia kemungkinan besar akan dikerahkan untuk peperangan anti-kapal selam dan pertahanan terhadap ancaman udara atau rudal yang membuatnya akan berada pada perimeter pertahanan luar.

0 comments:

Post a Comment