Sunday 25 December 2016

Kenapa Rusia Yakin Bisa Melawan Semua Agressor?


Beberapa hari lalu Presiden Rusia, Vladimir Putin menegaskan negaranya akan mampu melawan semua serangan yang datang. Hal itu diungkapkan menanggapi pernyataan presiden terpiliih Amerika Serikat, Donald Trump yang meminta agar Amerika memperkuat senjata nuklirnya.

“Kami dapat mengatakan dengan keyakinan bahwa kita sekarang lebih kuat daripada calon penyerang,” kata Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Pernyataan itu diulang lagi pada Jumat 23 Desember 2016. “Kemarin, saya mengatakan bahwa Rusia lebih kuat daripada calon penyerang. Dan ini benar.
Apa agresor? Sebuah negara yang dapat melancarkan serangan terhadap kami. Kami telah ditingkatkan kekuatan kami dan kekuatan nuklir berbasis laut, serta Angkatan Udara kami, “jelasnya.

Pemimpin redaksi majalah Arsenal Otechestva (Armory of the Motherland) Rusia Viktor Murakhovsky menilai pernyataan Putin bukan mengada-ada atau sekadar propaganda. Menurut Murakhovsky, militer Rusia memang lebih kuat dari agresor apapun karena Moskow menganut “strategi pertahanan.”

“Kami terus membangun kemampuan pertahanan kami, tetapi pada saat yang sama kita meningkatkan kemampuan ekspedisi kami,” kata Murakhovsky sebagaimana dikutip RIA Novosti Sabtu 24 Desember 2016.

Dalam hal senjata konvensional, Rusia adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki sistem pertahanan udara berlapis yang kompleks, mulai dari sistem anti-pesawat portabel sampai sistem strategis seperti S-400.

“Selain itu, Rusia memiliki kemampuan yang luas dalam menggunakan senjata presisi tinggi, misalnya, rudal jelajah berbasis laut dan udara,” tambahnya.

Murakhovsky menggaris bawahi bahwa kemampuan militer Rusia saat ini memadai untuk mencegah kemungkinan ancaman segala arah strategis.

“Secara teori, Rusia dapat mengusir semua jenis kemungkinan agresi. Adapun kekuatan nuklir strategis, kita memiliki paritas dengan Amerika Serikat,” kata analis. 

Namun, dia menekankan bahwa seperti sistem pertahanan yang kompleks perlu terus ditingkatkan. “Meski Presiden Putin mengatakan, seluruh sistem militer Rusia perlu terus dimodernisasi. Kita tidak bisa hanya berhenti, kita perlu bergerak maju sepanjang waktu,” Murakhovksy menyimpulkan.

0 comments:

Post a Comment