Saturday 24 December 2016

Proyek Rudal Nirbhay India Terancam Ditutup


Setelah dibangga-banggakan, proyek rudal jelajah India Nirbhay kini di ambang penutupan. Hal ini setelah beberapa kali uji rudal yang dikembangkan Defence Research and Development Organisation (DRDO) ini mengalami kegagalan total.

Sebuah sumber yang sangat dekat dengan masalah ini mengatakan kepada ‘The New Indian Express’ bahwa proyek ini kemungkinan akan ditutup setelah rudal tidak memberikan hasil yang diharapkan bahkan setelah 12 tahun program itu diluncurkan. Sebuah tinjauan proyek akan segera dilakukan.

Nirbhay adalah rudal jelajah jarak jauh subsonic pertama yang dibangun di dalam negeri oleh India. Rudal ini diklaim akan menjadi pesaing utama rudal Tomahawk Amerika dalam hal kemampuan. Dirancang oleh Aeronautical Development Establishment (ADE) yang berbasis di Bengaluru, rudal itu dirancang untuk terbang pada ketinggian yang berbeda mulai dari 500 meter sampai 4 km.

Diluncurkan pada tahun 2004 dengan biaya Rs 48 crore, proyek presitius ini dijadwalkan selesai pada 31 Desember 2016. Namun, sejak pengujian dilakukan mulai 2013, rudal itu belum melakukan seperti yang diharapkan setelah empat upaya pengjujian dalam empat tahun.

Pengujian terkahir beberapa hari lalu menunjukkan rudal melesat ke arah yang direncanakan hingga terpaksa dibatalkan di udara.

Proyek ini telah penuh dengan masalah yang membuat ilmuwan India harus berjuang untuk memperbaiki masalah dalam perangkat lunak dan sistem kontrol navigasi penerbangan sementara beberapa yang lain menuding hardware jadi masalah.

0 comments:

Post a Comment