Sunday 25 December 2016

Netanyahu: AS dan Dunia Belum Berhenti Serang Israel


Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yakin Amerika Serikat (AS) dan dunia internasional belum berhenti menyerang Israel terkait dengan isu Palestina. Hal itu disampaikan saat Netanyahu berbicara di depan Menteri dari partai Likud.

"Masalahnya adalah ini masih panas dan ini bukan akhir dari itu," ucap Netanyahu merujuk pada resolusi Dewan Keamanan (DK) soal permukiman Israel di tanah Palestina, seperti dilansir Haaretz pada Minggu (25/12/2016).

Dalam pertemuan itu, Netanyahu juga mengatakan, menurut informasi yang mencapai Israel, tidak ada keraguan pemerintahan Barack Obama berada di belakang resolusi, dengan membantu membuat dokumen dan memastikan resolusi itu lolos.

Netanyahu mengatakan, hal ini bertentangan dengan kebijakan tradisional AS, mengenai memaksa Israel melalui DK. Dia juga menyebut resolusi ini juga merupakan pelanggaran terhadap janji yang pernah disampaikan oleh Obama pada tahun 2011 dahulu.

Pemimpin Israel itu menambahkan, sebelum resolusi itu disahkan, dia sudah melakukan kontak dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry.

"Seperti yang saya katakan kepada John Kerry pada hari Kamis, teman tidak akan menyeret teman-temannya ke DK PBB," ucap Netanyahu.

Resolusi ini sendiri diketahui sebagai resolusi pertama soal konflik Israel-Palestina, khususnya soal permukiman Israel dalam kurun waktu 35 tahun terakhir. Dimana, dalam setiap resolusi yang diajukan ke DK PBB sebelumnya selalu gugur karena selalu di veto oleh AS.

0 comments:

Post a Comment