Friday 30 December 2016

Situs Peluncuran Rudal Baru Korea Utara Terdeteksi


Citra satelit terbaru menunjukkan Korea Utara mungkin memiliki situs peluncuran rudal baru di sebuah desa yang diduga memiliki fasilitas nuklir. Gambar, yang dianalisis Strategic Sentinel, sebuah perusahaan yang berhubungan dengan pengolahan citra geospasial, analisis intelijen dan penelitian geopolitik, menyebut silo rudal itu ada di pegunungan Geumchang-ri, Provinsi Pyongan Utara, di mana komunitas intelijen AS mengatakan pada akhir tahun 1990 ada situs senjata nuklir di wilayah tersebut.

Silo, yang merupakan sebuah ruang bawah tanah untuk menyimpan dan menembakkan rudal, tampaknya merupakan analog dengan silo yang ada di sebuah pangkalan rudal di Tabriz, Iran, dengan penutup geser selebar 7,4 meter.


Strategic Sentinel mengatakan kepada VOA pada Selasa 27 Desember 2016 bahwa struktur berbentuk persegi panjang ini muncul cukup besar untuk rumah rudal Korea Utara yang mampu membawa hulu ledak nuklir dan bisa menyerang negara-negara tetangga, seperti Korea Selatan dan Jepang.

“Jika situs Iran ini adalah kompleks rudal dan situs Korea Utara yang kami ungkap memiliki dimensi yang sama persis, maka sangat mungkin bahwa situs yang telah kami ungkap ini juga kompleks rudal,” kata Ryan Barenklau, pendiri Strategic Sentinel. Dia juga memperkirakan ada kemungkinan kerjasama nuklir antara kedua negara.


Citra satelit juga menunjukkan di utara silo ada tiga struktur yang diduga adalah check-out poin dan jalur akses bawah tanah, yang terdiri dalam formasi segitiga, dan mungkin pos jaga juga.



Sementara situs lain, seperti peluncuran satelit Sohae Launching Station dan Tonghae Launching Ground yang juga dikenal sebagai penampung Musudan-ri memiliki ruang yang sangat besar untuk kendaraan peluncur rudal atau rudal jenis Taepodong.

0 comments:

Post a Comment