Saturday 31 December 2016

Pasukan Irak Hadapi Pertempuran Sengit di Mosul Selatan


Pasukan Irak menghadapi perlawan sengit dari kelompok militan ISIS di Mosul selatan pada hari Jumat. Itu adalah hari kedua dalam operasi terbaru untuk merebut kembali kota itu setelah sempat terhenti selama beberapa minggu.

Seorang perwira di kepolisian federal mengatakan ada bentrokan berat di kawasan distrik Palestina tenggara. Namun mereka telah membuat kemajuan di dua wilayah lainnya dan berhasil menjinakkan sejumlah bom mobil seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (31/12/2016). Tentara lain mengatakan pasukannya berhasil merebut wilayah di distrik Intisar meskipun bentrokan berat masih terjadi di sana.

Sejak serangan dimulai 10 minggu yang lalu, pasukan Irak yang didukung oleh Amerika Serikat (AS) telah berhasil merebut kembali seperempat wilayah dari basis besar terakhir ISIS di negara itu. Ini adalah operasi militer darat terbesar di Irak sejak invasi yang dipimpin oleh AS yang menggulingkan Saddam Hussein pada 2003 lalu. 

Merebut kembali Mosul mungkin akan berarti akhir bagi khalifah gadungan ISIS. Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi mengatakan kelompok itu akan terusir dari Irak pada April mendatang.

0 comments:

Post a Comment