Thursday 29 December 2016

Foto Kapal Induk Baru Muncul di Media Jepang, Media China Jadi Kelabakan


Media China kelabakan ketika gambar-gambar resolusi tinggi dari kapal induk China yang sedang dibangun muncul di media Jepang. Mereka menyebut hal ini sebagai ancaman serius terhadap keamanan negara.


Kyodo News menerbitkan foto dua pekan lalu, mengatakan mereka diperoleh dari sumber yang dirahasiakan dan diambil pada akhir Desember 2016. Kapal pertama yang dibangun di dalam negeri ini akan bergabung dengan kapal induk Liaoning miilik China. Kyodo juga menyebutkan pembangunan kapal induk tersebut hampir selesai.

Dalam komentar di halaman depan, China National Defence Daily mengatakan gambar resolusi tinggi menunjukkan peringatan bagi negara untuk melindungi rahasia militer. Baik Kyodo maupun kementerian pertahanan China belum menanggapi permintaan untuk komentar.

Sedikit yang tahu tentang proyek kapal induk ini, selain China Shipbuilding Industry melaksanakan pembangunannya. Kyodo tidak mengidentifikasi di mana tepatnya foto diambil atau apakah galangan kapal itu milik militer atau fasilitas sipil. Hukum Cina melarang mengambil foto dari daerah militer. Empat warga Jepang ditahan tahun lalu karena dicurigai mata-mata, dan Kyodo mengutip sumber pemerintah Jepang mengatakan salah satu terdakwa diadili di Beijing.

Dalam komentarnya, China National Defence Daily mengatakan kemajuan teknologi, seperti kamera yang lebih canggih dan munculnya drone, menimbulkan tantangan untuk safe guarders rahasia bangsa.

“Saat ini, lingkungan keamanan kita mengalami perubahan besar dan rumit,” katanya. “Pelajaran menyakitkan dalam sejarah” telah membuat jelas bahwa mencegah mata-mata dan melindungi kepentingan keamanan nasional yang kritis. “Kita tidak boleh lengah,” katanya.

Media ini menyarankan pemerintah daerah dan pihak militer meningkatkan upaya kontra-spionase dan pemantauan yang lebih baik dari penggemar militer bangsa yang berbagi informasi secara online.

Kyodo bukan pertama untuk mempublikasikan gambar kapal induk, Defence Weekly IHS Jane juga menerbitkan gambar satelit pada Oktober tahun lalu, menunjukkan konstruksi telah dimulai.

Song Zongping, seorang komentator pada urusan militer untuk Phoenix Satellite Television di Hong Kong, mengatakan bahwa dengan menyoroti laporan Kyodo, Beijing sebenarnya sedang berusaha untuk mengirim pesan ke Jepang agar tidak meremehkan kekuatan militernya. “Dengan mengekspos insiden foto resolusi tinggi, itu adalah peringatan ke Jepang untuk tidak melakukan tindakan yang mengancam keamanan nasional China,” kata Song.

0 comments:

Post a Comment