Wednesday 28 December 2016

Torpedo Tanpa Sengaja Ditembakkan di Dermaga Kapal Selam Nuklir Inggris


Sebuah insiden fatal terjadi ketika sebuah torpedo kapal selam tidak sengaja ditembakkan di dermaga kapal selam nuklir di Plymouth Inggris. Dalam insiden terpisah, seorang pekerja galangan kapal di kota ini menghirup bahan radioaktif.

Insiden itu teruangkap dalam sebuah laporan rahasia yang diterbitkan awal tahun ini dan baru teruangkap oleh Times pada 27 Desember 2016. Tidak disebutkan kapan pastinya insiden itu terjadi. Laporan itu menyebutkan antara 2012 dan 2015, terjadi sedikitnya 30 kebakaran, selusin kebocoran, tiga kecelakaan yang berpotensi melibatkan bahan nuklir, dan penembakan tidak sengaja torpedo di dermaga kapal selam nuklir Plymouth.

Pemerintah Inggris telah melakukan penyelidikan setelah laporan The Times yang menyebut Office for Nuclear Regulation (ONR) dinilai mengabaikan keselamatan nuklir. Dalam laporannya media itu menyebutkan ONR menganggap insiden itu tidak membahayakan keselamatan nuklir. Insiden serius lainnya adalah kontaminasi bahan radioaktif berbahaya pada setidaknya 15 pekerja dan pemadaman listrik total di sebuah pangkalan senjata nuklir.

Dr David Toke, pakar politik energi University of Aberdeen, mengatakan kabar ini mengindikasikan masalah keamanan menjadi prioritas rendah ONR. 

Ahli nuklir Profesor Stephen Thomas mengatakan laporan ini memperkuat kecurigaannya bahwa pengamanan fasilitas nuklir semakin buruk. “Ironisnya, karena mereka menjadi sebuah badan independen dan tidak lagi menjadi bagian dari Health and Safety Executive pada 2014, mereka tampaknya telah semakin buruk ,” kata Thomas Times. Akadmisi University of Greenwich ini menambahkan, “Regulator Independen harus mempertanggung jawabkan kepada masyarakat.”

0 comments:

Post a Comment