Wednesday 28 December 2016

Putin Klaim Militer Rusia Terkuat di Dunia


Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim kekuatan militer Rusia terkuat di dunia. "Kami dapat mengatakan dengan pasti bahwa kami jauh lebih kuat daripada agresor potensial. Siapa saja!" kata Putin dalam rapat evaluasi akhir tahun yang dihadiri Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, seperti dilansir Time pada 22 Desember 2016.

Klaim Putin ini muncul di tengah ketegangan yang terus meningkat antara Rusia dan Barat dalam perang di Suriah. Ketegangan antara Rusia dan Barat berawal dari upaya aneksasi Rusia di Crimea pada 2014 dan keterlibatannya dalam konflik di timur Ukraina. Tahun lalu, Rusia mulai terlibat operasi militer dengan mengerahkan angkatan udara di Suriah untuk mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang membuat marah Amerika Serikat.

Mengantisipasi ancaman serangan NATO, Rusia memperkuat pasukannya di perbatasan. Dalam rapat evaluasi itu, Putin mengatakan Rusia harus mengikuti setiap gerakan militer di sepanjang perbatasan serta perubahan dalam situasi militer dan politik global. Ia menyatakan Rusia harus cepat menyesuaikan rencana untuk menetralisasi ancaman potensial terhadap negaranya.

Shoigu memuji prestasi militer Rusia di Suriah serta upaya sukses untuk memodernisasi tentara Rusia. Keberhasilan itu, antara lain, untuk pertama kalinya dalam sejarah militer Rusia telah sepenuhnya melindungi perbatasan dengan sistem peringatan dini anti-rudal.

Shoigu juga mengungkapkan mengenai peningkatan jumlah penerbangan pesawat tak berawak NATO di sepanjang perbatasan Rusia. Dengan demikian, ia berencana mengirim lebih banyak pasukan ke barat Rusia, tenggara, dan wilayah Arktik. Putin meminta seluruh angkatan militer Rusia tetap waspada dan tak boleh lengah walaupun hanya sesaat, mengingat ancaman yang boleh jadi datang dengan cepat.

0 comments:

Post a Comment