Friday, 21 October 2016

Proposal SAAB Komprehensif Dan Fleksibel Bagi Kemajuan Teknologi Indonesia


Dan Enstedt, Presiden dan CEO, Saab Asia Pasifik, berbicara tentang kegiatan Saab di Indonesia, proposal Gripen dan bagaimana dapat menjadi mitra dalam memenuhi kebutuhan pertahanan Indonesia.
Dapatkah Anda secara singkat menjelaskan kegiatan Saab di Indonesia kepada kami?
Kami selalu memiliki produk kuat yang hadir di seluruh wilayah yang membentang dari Korea hingga ke India. Produk kami telah menemukan penggunanya di sebagian besar negara-negara Asia Tenggara dan telah teruji diwaktu yang lama. Angkatan bersenjata Indonesia adalah pelanggan RBS 70 dan radar Giraffe selama bertahun-tahun, dan kami melihat banyak potensi di sini untuk beberapa sektor di masa depan.
Indonesia menghadapi tantangan yang cukup unik, mulai dari tugas mengamankan beberapa rute laut yang paling sensitif di dunia. Ada ancaman dari bajak laut, penangkapan ikan ilegal, penebangan dan peredaran gelap dan masih banyak lainnya. Untuk dapat menjangkau semua itu, memerlukan sistem pengawasan kualitas tinggi. Untuk Indonesia, tidak hanya soal menambahkan angka-angka yang diperlukan untuk pengawasan wilayah darat dan laut yang kompleks tersebut. Ini adalah pertanyaan tentang bagaimana mengawasi kelaikan aset melalui teknologi yang canggih.
Misalnya, menyinkronkan informasi data link antara matra darat, udara dan laut dengan cepat dan memungkinkan Anda untuk menyebarkan solusi terbaik dan tercepat. Saab unggul dalam solusi tersebut yang merupakan salah satu alasan mengapa kekuatan pertahanan Indonesia mengambil begitu banyak produk kami.
Hal lain yang relevan dengan Indonesia adalah bagaimana Saab dan Swedia menciptakan teknologi yang independen dari kekuatan besar, karena sikap politik kami yang unik selama Perang Dingin. Hari ini, kita dapat melihat banyak kesamaan dengan Indonesia yang terletak di daerah yang menarik bagi hampir semua kekuatan super yang semuanya hadir secara langsung di sekitar. Dengan komitmen Indonesia untuk menciptakan industri pertahanan yang kuat, mandiri dalam negeri, Saab melihat dirinya sebagai pasangan yang sempurna yang dapat memungkinkan terciptanya industri pertahanan dalam negeri karena filosofi kami adalah kerjasama industri.
Bagaimana Gripen memenuhi kebutuhan masa depan Angkatan Udara Indonesia?
Angkatan Udara Indonesia mengatur daerah yang sangat besar, yang mencakup lebih dari 17.000 pulau, yang membentang lebih dari hampir 2 juta kilometer persegi. Kepulauan yang luas membutuhkan kekuatan udara yang memiliki ketersediaan operasional yang tinggi, waktu yang singkat dalam persiapan operasional dan kemampuan untuk melakukan peran ganda dimana situasi dapat berubah menjadi ancaman dan memerlukan intervensi dalam rentang waktu yang sangat singkat. Yang paling penting, negara perlu cukup pesawat untuk menjaga perbatasan, dalam arti, wilayah yang terbuka dari segala arah.
Gripen adalah generasi baru yang pertama, pesawat tempur multi-peran untuk siap masuk dalam layanan operasional. Menggunakan teknologi terbaru, Gripen mampu melakukan berbagai tugas, baik udara-ke-udara, udara-ke-permukaan dan misi pengintaian menggunakan senjata terbaru. Gripen adalah pesawat tempur yang benar-benar sangat capable dengan kemampuan multi-peran yang baik dan biaya yang efektif untuk beroperasi dalam jangka panjang, yang bertentangan dengan pesaing yang bermesin ganda besar dan berat.
Apa saja fitur kunci usulan Saab Gripen untuk Indonesia?
Kami telah menawarkan pesawat tempur Gripen C dilengkapi dengan upgrade kemampuan MS20 terbaru yang meliputi MBDA Meteor (beyond-visual-range air-to-air missile) dan bom Boeing GBU-39 Small-Diameter. Opsi Gripen E juga terbuka tergantung pada kemampuan yang dibutuhkan Indonesia.
Proposal kami cukup komprehensif, fleksibel dan diarahkan untuk memberikan kontribusi pada pengembangan kemampuan kedirgantaraan pertahanan negara Indonesia. Gripen dapat memenuhi setiap kebutuhan operasional yang dihadapi Indonesia dan ini adalah solusi tempur yang paling efektif untuk Indonesia.
Selain itu, kami menawarkan sistem pertahanan udara lengkap yang mencakup airborne early warning and control (AEW & C) untuk pengawasan maritim dan pengawasan wilayah, datalink taktis untuk berbagi data di seluruh platform serta komando dan control berbasis darat.
Kami juga berkomitmen untuk bekerja sama dengan industri lokal dalam mendukung pengguna akhir. Kami percaya bahwa banyak pekerjaan dapat diciptakan melalui kerjasama industri yang kuat yang mencakup transfer teknologi dan produksi lokal. Bagi kami, penting untuk membangun kompetensi dengan orang-orang lokal di negara tersebut. Kami menciptakan banyak pekerjaan dengan konsep kita, dan ini adalah sesuatu yang tidak dilakukan oleh pesaing kami. Itu adalah beberapa hal yang membuat proposal kami unik.
Saab akan melakukanan investasi di sektor sipil juga?
Ya, Saab melihat peran yang sangat besar di sektor sipil.
Tantangan besar bagi Indonesia adalah untuk membangun kapasitas infrastruktur penting : manajemen lalu lintas udara, lalu lintas dan manajemen pengiriman pelabuhan, jalan dan transportasi kereta api. Bersama-sama, Swedia dan Indonesia bisa meningkatkan kapasitas di semua sektor-sektor ini dengan teknologi baru sebagai poin kunci. Namun, ini bukan hanya soal membeli teknologi. Aspek penting adalah untuk membangun kapasitas dalam negeri yang dapat menyerap dan menguasai teknologi, serta menciptakan kemampuan untuk mengelola dan mengoperasikan sistem ini dengan kemampuan membuat platform masa depan.
Kunci untuk semua ini dapat ditemukan dalam pendekatan ‘triple helix’ kami di mana perusahaan, pemerintah dan lembaga-lembaga akademis bekerja sama. Swedia dan Indonesia dapat bekerja sama dalam konteks ‘triple helix’ untuk membangun kemampuan baru dan inovasi yang akan menjadi dasar bagi generasi berikutnya, dari bandara yang hijau dan efisien, pelabuhan, kereta api dan transportasi jalan sekaligus menciptakan infrastruktur yang efisien.
Ada daerah-daerah lain yang jelas di mana teknologi dan solusi Saab dapat membuat perbedaan besar.
Ambil sektor maritim. Lalu lintas kapal menjadi semakin besar, infrastruktur dan pendekatan pelabuhan harus dipantau terus menerus. Sementara di masa lalu, sistem pelacakan posisi kapal mereka dipantau berdasarkan pemberitahuan terbaru dari para pelaut, dengan ECDIS pengguna dapat memperbarui sistem mereka menjadi sesering mungkin dengan informasi yang tersedia. Layanan ini akan memungkinkan kapal-kapal yang lebih besar untuk datang walaupun dalam kondisi kabut yang mengurangi visibilitas karena hujan. Dengan menggunakan teknologi modern, Tanjung Priok dan pelabuhan lainnya di Indonesia dapat bersaing lebih berhasil dengan pelabuhan lain di kawasan Asia Tenggara.
Kedua, lihatlah persyaratan untuk infrastruktur bandara. Indonesia saat ini memiliki 57 maskapai penerbangan yang melayani 400 rute domestik dan internasional. Banyak dari penerbangan tumbuh pada tingkat yang cepat. Lion Air telah menandatangani kontrak selama tiga tahun terakhir untuk lebih dari 500 pesawat baru. Namun, permintaan tersebut melebihi kapasitas penerbangan yang tersedia. Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta saat ini melayani 1.100 pergerakan pesawat per hari dengan lebih dari 60 juta penumpang per tahun. Kapasitasnya hanya 22 juta penumpang. Saab menawarkan berbagai solusi yang dirancang untuk mendukung industri penerbangan dalam mengoptimalkan berbagai sektor transportasi udara meliputi kontrol lalu lintas udara, maskapai penerbangan dan manajemen operasi bandara, serta integrasi dan distribusi data.
Bagaimana status dari program GBAD?
Kami memiliki perjanjian bekerja sama dengan PT Pindad untuk memasarkan sistem ground based air defence (GBAD) dan untuk memperpanjang umur operasional sistem rudal pertahanan anti-pesawat RBS 70 Angkatan Bersenjata Indonesia ‘.
Indonesia telah mengoperasikan RBS 70 sejak tahun 1980-an dan ada kebutuhan untuk memperpanjang operasional seperti rudal yang sudah dalam pelayanan. Kami bekerja sama dengan PT Pindad untuk mencapai itu, dan ini akan menjadi peletakkan dasar yang baik untuk menjalin kerja sama. Bersama-sama, kami akan bekerja untuk memenangkan pengadaan utama GBAD berikutnya, kami harap akan menjadi keberhasilan bagi advanced RBS 70 NG dan sistem radar kami.
PT Pindad adalah pasangan yang sempurna untuk Saab. Kami bersama-sama mengadakan lokakarya di fasilitas PT Pindad di Bandung baru-baru ini untuk menguraikan proposal kami untuk Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia. Pada Indo Defence Anda dapat datang dan melihat rangkaian lengkap dari apa yang kita miliki dan tawarkan ke Indonesia: RBS 70 NG dengan simulator, rudal bolide dan radar Giraffe 1X, semua ditampilkan pada area pameran indoor dan outdoor PT Pindad.

0 comments:

Post a Comment