Kockums
mendapat kontrak pada Maret 1990 untuk membangun tiga kapal selam Gotland
Class, yaitu HMS Gotland, Uppland dan Halland. Yang pertama dari kelas ini, HMS
Gotland, ditugaskan pada tahun 1996. Yang kedua dan ketiga, masing-masing
adalah HMS Uppland dan Halland, ditugaskan pada tahun 1997. Saat itu Kockums
masih dimiliki oleh HDW Jerman.
Pada bulan
November 2004, Pemerintah Swedia menyetujui proposal Angkatan Laut AS untuk
menyewa HMS Gotland dan kru selama satu tahun untuk berpartisipasi dalam
latihan angkatan laut. Gotland tiba di Naval Air Station North Island, San
Diego pada bulan Juni 2005. Kapal selam akan berperan sebagai kekuatan lawan
(opposing force: OPFOR). Pada bulan Juni 2006, sewa diperpanjang untuk satu
tahun.
Pada bulan
Juli 2007, HMS Gotland meninggalkan San Diego untuk kembali ke Swedia.
Sistem
Manajemen Tempur
Sistem manajemen
tempur kapal adalah 9SCS Mark 3 dari Saabtech Vectronics (sebelumnya Celsius
Tech). Sistem ini disebut SESUB 940A dalam Swedish Royal Navy. Sistem ini
menggunakan versi pengembangan dari perangkat lunak ADA dari sistem manajemen
tempur kapal permukaan 9LV Mk 3 Saab tech Vectronics.
Sistem
pengendali tembakan memiliki kapasitas untuk mengendalikan beberapa torpedo di
dalam air secara bersamaan. Sistem Manajemen Tempur 9SCS Mark 3 memiliki tiga
konsol multifungsi Type IID dari Terma. Terminal untuk komando dan kontrol,
komunikasi serta kontrol senjata. Konsol terhubung melalui dual-Ethernet,
copper-wire, dan Local-Area Network (LAN).
Pada bulan
Januari 2006, pemerintah Swedia memesan kepada Saab Systems untuk melakukan
upgrade sistem tempur. Sistem baru ini disebut SESUB 960. Navigasi, manajemen
sensor dan sistem penanganan senjata juga ditingkatkan.
Terpedo
Kapal selam
dilengkapi dengan empat tabung terpedo 533 mm dan dua tabung torpedo 400 mm.
Terpedo Type 613 Bofors Underwater Sistem ditembakkan dari tabung 533 mm. Type
613 merupakan jenis terpedo berat antikapal permukaan.
Terpedo ini
memiliki wire guidance dan homing pasif serta hulu ledak 240 kg. Peluncuran
terpedo dengan swim-out discharge, kecepatannya adalah 40 knot dan memiliki
jangkauan 20 km.
Terpedo 613
melengkapi semua kapal selam Swedia, A19 Gotland, A17 Vstergotland, A14 Nacken
dan A12 Sjoorrmen.
Saab Bofors
Underwater Systems telah mengembangkan terpedo kelas berat baru untuk Angkatan
Laut Swedia, yaitu Terpedo 2000 (Angkatan Laut Swedia menggunakan nama Terpedo
62). Ini adalah
torpedo anti-kapal selam/ anti-kapal permukaan kecepatan tinggi dengan
jangkauan lebih dari 40 km dan kecepatan lebih dari 40 knot.
Kapal selam
Gotland Class dilengkapi dengan Terpedo 2000, yang ditembakan dari tabung 21
in. Gotland memiliki kapasitas untuk membawa enam belas Terpedo 2000. Sistem
tempur dari kapalselam kelas Gotland telah disesuaikan untuk mengakomodasi
terpedo generasi baru, termasuk Torpedo 2000, yang menjadi senjata utama kapal
selam.
Dua tabung
peluncur 400mm dapat menembakan Saab Bofors Underwater Sistem Type 43 yang
merupakan torpedo anti kapal selam ringan. Modifikasi sistem tempur kapal selam
mengakomodasi terpedo ringan baru Saab Bofors Type 43×2 anti-kapal selam
/anti-kapal permukaan. Type 43×2 menggunakan wire-guided dimana kemampuan
pelacakannya telah ditingkatkan dibandingkan dengan terpedo standar Type 43.
Setiap tabung 400 mm akan dilengkapi dua torpedo Type 43×2.
Gotland
dapat menyebarkan ranjau type Mine 42 Saab Bofors Underwater Sistem. Mine 42,
berasal dari terpedo Type 27, dalam perjalanannya mampu menuju lokasi yang
telah ditentukan untuk berbaring di dasar laut. Kapal selam ini juga memiliki
kapasitas untuk membawa 48 ranjau yang dipasang eksternal dalam girdle
arrangement.
Sensor
Suite
Kapal selam
ini dilengkapi dengan CSU 90-2 integrated sonar sensor suite dari Atlas
Elektronik. Ini termasuk passive cylindrical bow array, an intercept array dan
dua passive flank array. Sistem sonar menggunakan software ADA.
Kapal selam
ini dilengkapi dengan periskop pencarian dan serangan Kollmorgen dan radar
navigasi Terma Scanter. Sistem electronic support measures menggunakan radar
surveillance and warning system Manta dari Thales Defence Ltd. Manta melakukan
pengawasan, deteksi, analisis, klasifikasi dan identifikasi ancaman radar musuh
dari D-band sampai J-band.
Sistem
Propulsi
Kapal selam
ini dilengkapi dengan dua mesin diesel MTU dan dua unit Stirling Air
Independent Propulsion (AIP) Kockums V4-275R. Mesin Stirling dipasang pada
modul elastis dan kedap suara yang masing-masing menyediakan daya hingga 75 kW.
Kapal selam ini memiliki kapasitas menyelam selama dua minggu dengan air
independent propulsion pada kecepatan 5 knot tanpa muncul ke permukaan. AIP
menggunakan oksigen cair dan bahan bakar diesel dicontrolled inert (helium)
environment. Tangki oksigen cair AIP terletak di dek bawah mesin. Sistem
propulsi menyediakan kecepatan 11 knot ketika muncul di permukaan dan 20 knot
ketika menyelam.
Spesifikasi
:
- Crew : 28
crew, 5 officers
- Hull
Length : 60,4 meter
- Beam : 6,2
meter
-
Displacement, Surfaced : 1.240 ton
-
Displacement, Dived : 1.490 ton
- Propulsion
: 2 x MTU diesels, 2 x Kockums V4-275R Stirling, air independent propulsion
- Speed,
Surfaced : 11 knot
0 comments:
Post a Comment