Monday 23 January 2017

Ukraina Sita Rudal Milik Iran, Diselundupkan dari Rusia


Ukraina mengumumkan telah menyita rudal milik Iran di lapangan terbang Zhulyany, Kiev, minggu, 22 Januari 2017. "Rudal anti-tank buatan Rusia akan diterbangkan ke Iran, namun keburu ketahuan otoritas penerbangan," Al Arabiya melaporkan.

Kantor berita Rusia, Interfax, membenarkan kabar mengenai temuan senjata oleh polisi perbatasan Ukraina di lapangan terbang Kiev menyusul pemeriksaan terhadap 17 kontainer yang tidak terdaftar di manifesto kargo penerbangan.

Juru bicara kepolisian Ukraina dalam keterangannya kepada media mengatakan, pihaknya menemukan tiga kontainer berisi rudal, di antaranya rudal anti-tank, sedangkan kontainer lainnya di dalam pesawat berisi suku cadang senjata.


Selama pemeriksaan oleh petugas keamanan, awak kabin pesawat yang terdiri dari warga Iran dan Ukraina bungkam. Mereka serempak mengaku tidak tahu apa-apa mengenai barang yang akan dikirimkan.

Selanjutnya, seluruh barang yang akan dikirimkan tersebut disita oleh pihak berwenang Ukraina karena dianggap melanggar hukum internasional mengenai barang dan senjata.

Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mencabut hampir seluruh sanksi internasional terhadap Iran setelah negeri itu bersama Inggris, Prancis, Jerman, Cina, Amerika Serikat, Rusia dan Uni Eropa sepakat membatasi program nuklirnya. Tetapi Iran masih mendapatkan sanksi penjualan senjata dan pembatasan lainnya yang secara teknis bukan bagian dari kesepakatan.

0 comments:

Post a Comment