Tuesday 31 January 2017

Jet Tempur FA-50PH AU Filipina Lakukan Misi Tempur Pertama


Filipina telah mengerahkan jet tempur supersonik FA-50 buatan Korea Selatan untuk pertama kalinya dalam pertempuran, dalam sebuah manuver untuk menumpas kelompok yang berafiliasi dengan Islamic State (IS). 

Menurut media lokal pada hari Senin (30/01), militer Filipina telah melakukan serangan udara dan operasi pengeboman terhadap kelompok yang berafiliasi dengan IS yang berpusat di Provinsi Lanao del Sur sejak Rabu 25 Januari 2017. The Associated Press mengatakan bahwa jet-jet tempur, termasuk FA-50 Korea Selatan, dikerahkan untuk menjatuhkan enam bom seberat 225 kilogram.

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Filipina Jenderal Eduardo Año menilai FA-50 dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk pertahanan nasional dan kegiatan seremonial tetapi juga untuk operasi keamanan. Dia mengatakan jet Korea Selatan tersebut luar biasa dan presisi.

Juni lalu ketika menjadi presiden terpilih, Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengangkat masalah sehubungan FA-50 yang dibeli oleh pemerintah Benigno Aquino hanya digunakan untuk acara seremonial.

Filipina membeli 12 jet FA-50 senilai $420 juta dolar AS. Tahun ini akan ada jet sejenis yang akan dikirim ke Filipina. Sejauh ini, empat jet telah diserahkan.


FA-50 adalah jet tempur buatan dalam negeri pertama Korea Selatan berdasarkan pesawat latih T-50. Jet itu mampu terbang 1,5 kali lebih cepat dari kecepatan suara dan mampu terbang sejauh 2.000 kilometer dengan membawa 4,5 ton senjata.

0 comments:

Post a Comment