Friday 27 January 2017

Apa Sebenarnya Kehebatan F-15SA Arab Saudi?


Arab Saudi akhirnya menerima pengiriman F-15SA pertama yang dibeli dari Amerika Serikat enam tahun yang lalu. F-15SA diyakini sebagai pesawat paling mematikan dari generasi Eagle. Sehebat apa sebenarnya jet tempur ini?

F-15SA, sebuah varian paling canggih dari F-15E yang dibangun khusus untuk Angkatan Udara Arab Saudi. Dibanding pendahulunya, F-15SA mengalami perbaikan kinerja, kesadaran situasional ditingkatkan dan peningkatan bertahan hidup dengan biaya total siklus hidup yang lebih rendah.

Avionik canggih termasuk Digital Electronic Warfare Suite, Fly-By-Wire, sistem Infrared Search and Track (IRST) dan radar Active Electronically Scanned Array. Display canggih kopkit depan dan belakang serta Joint Helmet Mounted Cueing Systems.

Dua stasiun senjata tambahan diaktifkan, memberikan peningkatan kapasitas muatan. Dua baris konfigurasi senjata ditampilkan dalam gambar ini menampilkan rudal AGM-88E AARGM konfigurasi udara/darat dan dua rudal udara ke udara AIM-9X Sidewinder dalam konfigurasi superioritas udara. Kemudian juga membawa empat rudal dua AIM-120C7 dan dua AIM-9X di stasiun 2 dan 8. Sementara IRST dipasang di depan kokpit.

Pemerintahan Obama pada 2010 menyetujui kesepakatan senilai US$60 miliar di tengah meningkatnya ketegangan antara Arab Saudi dengan Iran. Kesepakatan itu langsung menjadikan penjualan senjata miliaran dolar yang dilakukan sebelumnya untuk Arab Saudi menjadi terlihat kecil. Selain 84 Boeing F-15SA, kesepakatan termasuk pesanan untuk upgrade 70 armada F-15 versi lawas.

F-15SA melakukan penerbangan perdananya pada 20 Februari, 2013 di fasilitas Boeing di St Louis, Mo. Tiga pesawat uji diinstrumentasi terbang untuk memvalidasi F-15SA. Pesawat baru ini merupakan program modernisasi angkatan udara Arab dengan nilai US$ 29,4 miliar dan menjadi penjualan asing terbesar dalam sejarah Amerika.

0 comments:

Post a Comment