Monday 23 January 2017

F-16 Polandia Mulai Terima Rudal JASSM-ER


Angkatan Udara Polandia telah menerima rudal jelajah jarak jauh baru dari Amerika Serikat yang akan menjadikan armada F-16 mereka memiliki kekuatan menggempur wilayah Rusia dari Polandia.

Radio Polandia melaporkan Minggu 22 Januari 2017 unit pertama dari Joint Air-to-Surface Standoff Missile-Extended Range (JASSM ER) tiba di pangkalan udara Polandia Krzesiny.


Menurut Laksamana Marek Toczek dari Angkatan Udara Polandia, Lockheed Martin adalah kontraktor utama dalam kesepakatan senilai US$225 juta untuk memasok 70 JASSM-ER untuk jet tempur F-16 Polandia.

JASSM rudal presisi udara ke darat jarak jauh yang telah digunakan Angkatan Udara Amerika Serikat dan sekutunya. Dirancang untuk menghancurkan target bernilai tinggi JASSM akan mampu menyerang dari jarak yang aman dari jangkauan sistem pertahanan udara musuh.

JASSM-ER adalah versi lanjutan dari rudal jelajah AGM-158A. JASSM-ER memiliki 70% kesamaan hardware dan 95% software dengan AGM-158 JASSM.


Pada tanggal 29 November 2016, Defense Security Cooperation Agency (DSCA) mengatakan Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui kemungkinan penjualan 70 rudal JASSM ER ke Polandia untuk upgrade pesawat tempur F-16.


Pada bulan April 2016, Komandan Distrik Rusia, Kolonel Jenderal Andrei Kartapolov juga mengatakan Amerika Serikat berencana untuk memberikan sekutunya di Eropa Timur dengan rudal JASSM ER, yang akan memungkinkan bagi penerbangan NATO untuk mencapai target di wilayah Rusia dari jarak tidak kurang dari 807 mil.

0 comments:

Post a Comment