Friday 27 January 2017

J-20 Bukan Jet Tempur, Lalu Apa?


Korps Marinir AS tidak berbasa-basi ketika mengirim armada F-35B mereka ke Jepang dengan mengatakan bahwa kedatangan pesawat ini wujud komitmen Amerika untuk melindungi Jepang dan keamanan regional Pasifik.”

Ketegangan antara AS, sekutu AS, dan China terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir setelah Beijing terus meningkatkan aktivitasnya di Laut China Selatan. Salah satu daerah di mana AS dan China secara tidak langsung telah berkompetisi dalam pertempuran udara.

Pada bulan November, China memulai debut dari Chengdu J-20, pesawat siluman yang sering dibandingkan dengan -22 Raptor. Namun menurut para ahli, J-20 bukanlah jet tempur, bukan dogfighter dan tidak siluman sehingga sama sekali tidak sama dengan F-22 atau F-35.

Malcolm Davis, seorang analis senior di Australia Strategic Policy Institute, sebagaimana dikutip Business Insider Rabu 25 Januari 2017 mengatakan bahwa J-20 memiliki semacam fundamental yang berbeda dibanding F-35.

Davis menyebut J-20 sebagai pesawat tidak terlalu siluman dengan kecepatan tinggi, kemampuan terbangn jarak jauh. China menurutnya memang melihat kemampuan siluman bukan sebagai hal yang utama “J-20 bukan sebuah pesawat tempur, tapi pencegat dan pesawat serang yang tidak berusaha untuk bersaing dengan jet Amerika di pertempuran udara ke udara.”

Sebaliknya, “China mengakui mereka dapat menyerang sistem kritis dukungan udara seperti AWACS dan pesawat pengisian bahan bakar sehingga mereka tidak dapat melakukan pekerjaan mereka,” kata Davis. “Jika Anda dapat memaksa tanker kembali, maka F-35 dan platform lainnya tidak bisa efektif karena mereka tidak dapat mencapai target mereka.”

Pensiunan Angkatan Udara AS Letnan Jenderal David Deptula memberi penilaian serupa pada J-20 yang dia tulis dalam Laporan Pertahanan & Aerospace pada bulan November 2017.

”J-20, khususnya, berbeda dari F-22 dalam konteks itu, jika Anda melihat dan menganalisis desain, mungkin memiliki beberapa kemampuan rendah diamati signifikan di ujung depan, tetapi tidak semua aspek, juga tidak dibangun sebagai dogfighter,” kata Deptula. “Tapi terus terang, kekhawatiran terbesar adalah desain untuk membawa senjata jarak jauh.”

Kemampuan yang kurang dalam hal siluman dan dogfighting dari J-20 membuat pesawat akan lebih fokus untuk menyerang target tunggal. Berbeda dengan AS, yang telah menerjunkan pesawat siluman, China tidak memiliki pengalaman untuk membuat pesawat yang mampu membingungkan radar dari semua sudut.

Benar-Benar Sulit

Seorang ilmuwan senior di Lockheed Martin mengatakan kepada Business Insider bahwa China membuat salah langkah serius ketika mencoba untuk mengintegrasikan kemampuan siluman ke J-20.

“Ini jelas ketika melihat banyak gambar dari pesawat bahwa desainer tidak sepenuhnya memahami semua konsep desain LO (low-observable),” kata ilmuwan, merujuk, desain rendah diamati, atau siluman.

Sebaliknya, desain J-20 ini untuk membuat pesawat agak tersembunyi dari sudut depan, karena menggunakan rudal jarak jauh dan terbang jarak jauh dan memukul kapal tanker dan pesawat radar yang mendukung platform seperti F-35 atau F-22.

“Mereka pindah ke sebuah era di mana mereka sedang merancang pesawat yang tidak hanya sebagai evolusi dari apa yang mereka digunakan, tetapi mereka akan menjadi ruang baru,” kata Deptula.

Pada bulan November, Justin Bronk, seorang peneliti yang mengkhususkan diri dalam kekuatan udara tempur di Royal United Services Institute, mengatakan kepada Business Insider bahwa model yang ditampilkan di Airshow China tidak lebih dari pajangan. Ada kemungkinan bahwa pesawat yang ditampilkan masih instrumentasi pesawat produksi atau belum benar-benar dalam konfigurasi siap temur, katanya.

Mantan Pilot F-35 dan F-22 Letnan Kolonel David Berke juga mempertanyakan kemajuan China dalam sebuah wawancara dengan Business Insider dengan mengatakan “Itu benar-benar, benar-benar, benar-benar sulit untuk membuat sebuah platform genrasi kelima dari hidung ke ekor. ” Namun Berke mengakui musuh potensial AS ini telah bekerja sangat keras untuk melawan kemampuan AS seperti F-35.

0 comments:

Post a Comment