Monday 23 January 2017

Gagal Tes Rudal Kapal Selam Nuklir, Inggris Diledek Selevel Korut


Keputusan pemerintah Inggris yang menutupi kegagalan uji tembak rudal balistik Trident dari kapal selam nuklir di lepas pantai Florida, Amerika Serikat (AS) memicu ledekan. Sikap Inggris itu dianggap selevel dengan Korea Utara yang merahasiakan kegagalan tes rudal balistiknya.

Ledekan itu disampaikan mantan Kepala Angkatan Laut Inggris Lord West. Kegagalan uji tembak rudal balistik Trident dari kapal selam nuklir HMS Vengeance itu terjadi Juli 2016 lalu. Pemerintah Inggris merahasiakannya untuk mencegah kepanikan yang lebih parah. Namun, rahasia itu terbongkar. Sunday Times mengutip sumber di Angkatan Laut Inggris merilis laporan kegagalan uji tembak rudal Trident yang biaya operasionalnya sangat mahal itu.

Perdana Menteri (PM) Inggris Theresa May kini berada di bawah tekanan untuk terbuka soal apa yang terjadi dengan uji tembak rudal balistik dari program kapal selam nuklir HMS Vengeance.

Lord West menyebut keputusan Pemerintah May untuk menutupi kegagalan itu sebagai tidakan “bodoh”. “Apa yang membuat saya terkejut disebabkan oleh pemerintah yang tidak bersih tentang hal itu,” kesal West.

”Jika menembakkan (rudal) berhasil, Anda harus mengatakan bahwa itu berhasil, kecuali jika Anda berpikir ada sesuatu sehingga secara fundamental itu salah, bahwa seluruh sistem tidak layak lagi,” lanjut West, seperti dikutip dari Daily Mirror, Senin (23/1/2017).

PM May tetap menolak untuk mengungkap kegagalan uji tembak rudal balistik Trident sebelum dia berpidato tentang perlunya memperbarui senjata nuklir Inggris.

”Dan dari apa yang dikatakan pemerintah, ada kesalahan kecil dengan rudal dan mereka cukup senang dengan sistem yang masih (seperti itu), dalam hal ini, melangkahkah ke depan dan biarkan orang tahu,” kata West menyarankan kepada pemerintah Inggris untuk terbuka.

”Jika tidak, kita agaknya seperti Soviet di masa lalu, atau seperti Korea Utara atau China, di mana mereka tidak akan mengakui hal-hal yang salah ketika Anda benar-benar mengujinya,” imbuh West.


Seperti diberitakan sebelumnya, rudal Trident II D5 yang ditembakkan dari kapal selam HMS Vengeance tahun lalu menyimpang dari jalurnya di lepas pantai Florida. Kegagalan itu memicu kepanikan pemerintah Inggris. Sebab, kegagalan uji tembak rudal balistik berpotensi menimbulkan korban jiwa.

0 comments:

Post a Comment