Saturday 28 January 2017

Mesin PAK FA Mundur, MiG Juga Bangun Jet Tempur Siluman


Penelitian dan pengembangan untuk mesin utama jet tempur generasi kelima Sukhoi T-50 (PAK FA) dijadwalkan akan selesai pada tahun 2020. Ini berarti mundur dari rencana semula.

“Tahun ini kami berencana untuk memulai uji sebagai bagian dari laboratorium penerbangan. R&D selesai direncanakan pada tahun 2020,” kata Alexander Artyukhov Direktur United Engine Corporation Jumat 27 Januari 2017.

Pesawat tempur PAK FA pertama kali terlihat pada Januari 2010 ketika ditampilkan di pameran udara MAKS-2011. Sukhoi tahun ini akan mengirimkan lima prototype T-50 untuk menjalani uji negara sebelum diputuskan apakah akan masuk seri produksi atau tidak.

Saat ini prototipe T-50 masih dilengkapi dengan mesin turbofan “izdeliye 117” Saturnus yang digunakan Su-35. Rencana semula mesin baru dijadwalkan untuk produksi tahun 2017 dan pengiriman di 2018.

Sementara Aircraft Corporation MiG Rusia, yang merupakan bagian dari United Aircraft Corporation (UAC) akan mengembangkan jet tempur ringan generasi kelima. 

“(Sukhoi T-50) PAK FA generasi kelima tempur kini menjalani tes negara. MiG juga akan membuat pesawat tempur generasi kelima,” kata Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin pada peluncuran MiG-35 Jumat 27 Januari 2017 dilansir Sputnik.



Angkatan Aerospace Rusia saat ini belum memiliki jet tempur siluman dan masih mengandalkan pesawat tempur generasi 4 ++. Pada saat ini, hanya Amerika Serikat yang memiliki pesawat generasi kelima dalam layanan yaitu F-22 dan F-35.

0 comments:

Post a Comment