Tuesday 24 January 2017

Afghanistan Tuding Iran Pasok Roket Untuk Taliban


Iran dituding terus memberikan Taliban roket untuk menyerang pasukan Afghanistan. Tudingan tersebut dilontarkan oleh gubernur provinsi Helmand kepada surat kabar harian Afghanistan, Hayat Allah Hayat.

Gubernur Helmand mengatakan bahwa sepuluh roket ditembakkan oleh Taliban ke markas pemerintah di Provinsi Helmand, yang berbatasan dengan Pakistan. Ia mengatakan bahwa serpihan rudal itu menunjukkan bahwa rudal-rudal tersebut dibuat di Iran seperti dikutip dari Al Arabiya, Selasa (24/1/2017).

Para pejabat Afghanistan menambahkan bahwa roket buatan Iran yang diluncurkan Taliban juga ditemukan dalam bentrokan yang terjadi di kota-kota Krmesar dan Sunken.

Gubernur Helmand percaya bahwa alasan di balik dukungan Teheran kepada Taliban adalah karena perselisihan kedua negara terkait Sungai Helman. Sungai tersebut mengalir ke danau Hamon di Baluchestan, Iran timur. Teheran percaya, Afghanistan telah mengubah jalur sungai sehingga menyebabkan danau mengering.


Selain itu, pada bulan Februari 2016, pihak berwenang Afghanistan menemukan ranjau buatan Iran dan cadangan senjata serta amunisi. Ranjau, senjata, serta amunisi itu ditemukan di gudang saat pasukan keamanan menyerbu salah satu markas besar Taliban di provinsi Bamiyan, bagian tengah negara itu.

0 comments:

Post a Comment