Tuesday 31 January 2017

Trump Pangkas Rp 8 Triliun Untuk Pembelian 90 F-35


Presiden Donald Trump mengatakan telah memotong anggaran hingga US$600 juta atau hampir Rp 8 triliun untuk pembelian sekitar 90 jet tempur F-35 Joint Strike Fighter.

Trump, kepada wartawan di Gedung Putih Senin 30 Januari 2017 mengatakan Lockheed Martin telah responsif terhadap masalah tingginya biaya dari pesawat siluman tersebut.

“Kami memotong sekitar US$600 juta dari pesawat tempur F-35 hanya pada 90 pesawat dari total rencana membeli 3.000 pesawat,” kata Trump.

Negosiasi untuk pembelian batch 10 pesawat F-35 yang berjumlah sekitar 90 pesawat masih berlangsung, dengan kesepakatan diharapkan ada pada akhir bulan Januari. Kontrak ini diperkirakan mencapai sekitar US$9 miliar, dengan harga per pesawat jatuh di bawah US$100 juta.

Trump mengatakan ia terlibat dalam diskusi atas biaya pesawat sekitar sebulan yang lalu ketika dia masih belum dilantik presiden hingga negosiasi tidak berkembang.

“Mereka memiliki banyak kesulitan. Tidak ada gerakan. Dan saya bisa mendapatkan US$600 juta sekarang. Jadi saya pikir itu adalah prestasi besar,” kata Trump dilansir Reuters. “Kami akan menghemat miliaran dan miliaran dan miliaran dolar pada kontrak,” kata Trump dilansir Reuters Senin.

Amerika Serikat diperkirakan akan menghabiskan US$391 miliar selama lebih dari 15 tahun untuk membeli sekitar 2.443 F-35, yang sedang dibangun dalam versi yang berbeda untuk Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Marinir.

Harga dari F-35 biasanya memang terus turun untuk setiap batch pembelian karena peningkatan produksi dan jumlah yang dibeli AS, yang membantu menurunkan biaya keseluruhan menjadi lebih rendah.

0 comments:

Post a Comment