Friday 27 January 2017

Berpotensi Perang Dengan Rusia, Trump Ingin Berlakukan Zona Aman di Suriah


Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana untuk meminta Pentagon dan Negara untuk membuat rencana guna menyiapkan “zona aman” bagi pengungsi di Suriah dan negara-negara tetangga. Sebuah langkah yang bisa memunculkan risiko eskalasi keterlibatan militer AS dalam perang sipil di Suriah.

Memurut dokumen yang dilihat Reuters, Kamis 26 Januari 2017 rancangan eksekutif yang menunggu tanda tangan Trump mengisyaratkan pemerintahan baru sedang mempersiapkan langkah yang oleh Barack Obama ditolak karena khawatir untuk menarik Amerika Serikat lebih masuk ke dalam konflik dan ancaman bentrokan antara pesawat tempur AS dan Rusia di atas Suriah.

“Menteri Luar Negeri, dalam hubungannya dengan Menteri Pertahanan, diarahkan dalam waktu 90 hari dari tanggal pesanan ini untuk menghasilkan rencana guna menyediakan tempat yang aman di Suriah dan di wilayah sekitarnya di mana warga Suriah yang mengungsi dari kampung halaman mereka bisa menunggu settlement, seperti repatriasi atau pemukiman kembali ke negara ketiga, “kata draft tersebut.

Penciptaan zona aman, jika Trump memutuskan untuk melakukannya, bisa meningkakan keterlibatan militer Amerika di Suriah dan menandai perubahan besar dari pendekatan Obama. Jika Trump memutuskan untuk menegakkan “zona bebas terbang” di daerah tersebut, hal itu akan memerlukan peningkatan kekuatan udara AS atau sekutu yang dikirimkan. Hal ini juga bisa menuntut lebih banyak pasukan darat untuk memberikan keamanan.

Namun, dokumen tidak memberikan rincian tentang apa yang dimaksud dengan zona aman. Yordania, Turki dan negara-negara tetangga lainnya saat ini sudah menjadi tuan rumah jutaan pengungsi Suriah.

Para pejabat militer Amerika telah lama memperingatkan bahwa penciptaan zona larangan terbang di dalam wilayah Suriah akan membutuhkan tambahan sumber daya besar di luar untuk melawan ISIS dan akan sulit untuk memastikan bahwa gerilyawan tidak menyusup ke daerah tersebut.

Selama kampanye presiden, Trump menyerukan zona larangan terbang sebagai alternatif untuk mencegah kemungkinan pengungsi sampai ke Amerika Serikat. Trump menuduh pemerintahan Obama gagal untuk menyaring pengungsi Suriah memasuki Amerika Serikat.

Permintaan Trump untuk rencana membangun zona aman adalah bagian dari dokumen yang lebih besar yang mencakup larangan sementara sebagian pengungsi ke Amerika Serikat dan suspensi visa bagi warga Suriah dan enam negara Timur Tengah dan Afrika lainnya.

“Semua pertanyaan tentang mendirikan zona aman masih ada,” kata seorang pejabat AS. “Jika Anda akan mendeklarasikan zona aman, ada banyak hal lain yang harus dianalisis dan diletakkan di tempat sebelum menjadi layak.”

Jenderal Angkatan Laut Joseph Dunford, Kepala Staf Gabungan, telah memperingatkan bahwa setiap langkah untuk menolak akses Suriah dan Rusia ke semua wilayah udara Suriah akan membawa Amerika Serikat untuk berperang melawan Suriah dan Rusia.

“Itu keputusan yang cukup mendasar yang pasti aku tidak akan membuatnya,” katanya kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat.

0 comments:

Post a Comment