Monday 30 January 2017

Rusia Akan Mengganti Seluruh Jet Tempur Ringannya Dengan MiG-35


Angkatan Udara Rusia akan ganti seluruh armada pesawat tempur ringannya yang dimiliki saat ini dengan MiG-35 ‘Fulcrum-F’ yang baru saja diluncurkan, demikian tulis media pemerintah mengutip pejabat layanan senior yang dikatakan pada Jum’at (27/1/2017) lalu.

Berbicara pada saat peluncuran MiG-35 yang digelar United Air Corporation (UAC), Kepala Komandan Angkatan Kedirgantaraan Rusia (Russian Aerospace Force/VKS), Kolonel Jenderal Viktor Bondarev mengatakan bahwa seluruh jet tempur ringan yang kini aktif akan digantikan oleh varian terbaru Flanker pada tahun-tahun mendatang, demikian dilaporkan Kantor Berita TASS.

Namun sang Jenderal tidak menyebutkan secara spesifik pesawat tertentu yang ia maksud jet tempur ringan yang akan diganti tersebut. Ada kemungkinan MiG-29 ‘Fulcrum’ yang akan digantikan oleh seri terbarunya itu.

Menurut data Angkatan Udara dunia dari IHS Jane’s, Angkatan Kedirgantaraan Rusia (VKS) saat ini memiliki sekitar 350 armada MiG-29 sekitar 200 pesawat diperkirkan dalam penyimpanan.

Bondarev mengungkapkan komentarnya pada sebuah kesempatan acara peluncuran MiG-35 tersebut untuk Presiden Vladimir Putin, yang mencatat bahwa pesawat tersebut merupakan potensi ekspor dengan negara-negara yang telah mengoperasikan MiG-29.

Seperti yang dicatat juga oleh IHS Jane’s, MiG-35 digambarkan oleh perusahaan produsennya sebagai bentuk memamerkan pengembangan lebih jauh dari jet tempur MiG-29K/KUB dan MiG-29M/M2 pada bidang peningkatan efesiensi tempur, universalitas dan perbaikan karakteristik operasional.

CEO MiG, Sergei Korotkov, sebelumnya pernah menyatakan bahwa MiG-35 akan memiliki kecepatan Mach 2.23 dan jangkauan operasional 1.5 kali lebih lama dibanding MiG-29.

0 comments:

Post a Comment