Saturday 28 January 2017

China Tingkatkan Kesiapan Perang dengan Amerika


China adalah meningkatkan kesiapan untuk berperang dengan Amerika Serikat setelah Presiden Donald Trump telah meningkatkan sikap permusuhan. Beijing memperkuat diri untuk kemungkinan terburuk dalam hubungan China Amerika dengan dengan penekanan khusus pada keamanan maritim.

Tentara Pembebasan Rakyat China mengatakan dalam sebuah komentar di situs resminya Jumat 26 Januari 2017, bahwa kemungkinan perang telah menjadi “lebih nyata” di tengah situasi keamanan yang lebih kompleks di Asia Pasifik.

Komentar yang ditulis oleh seorang pejabat di departemen mobilisasi pertahanan nasional di Komisi Militer Pusat mengatakan rencana untuk rebalancing strategi Amerika di Asia, penyebaran militer di Laut China Timur dan Selatan dan sistem pertahanan rudal di Korea Selatan menjadikan hot spot semakin panas dan bisa memunculkan ledakan sewaktu-waktu.

“Pernyataan presiden bahwa ‘perang pecah malam ini’ tidak hanya slogan, mereka bisa menjadi kenyataan praktis,” katanya.

Pejabat militer lain dalam komentarnya di surat kabar pemrintah People Daily mengatakan bahwa militer China akan melakukan latihan di laut lepas tanpa provokasi asing. Satu-satunya kapal induk China Liaoning juga telah melintasi Selat Taiwan bulan lalu.

Pejabat itu dalam komentarnya mengutip pernyataan oleh Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson yang mengatakan Amerika harus menutup akses China ke pulau-pulau buatan di Laut China Selatan.

Juru bicara Gedung Putih baru Sean Spicer mengatakan dalam konferensi pers pada hari Senin 22 Januari 2017 bahwa Amerika Serikat akan mencegah China mengambil alih wilayah di perairan internasional di Laut China Selatan.

“Amerika akan memastikan bahwa kami melindungi kepentingan kami di sana,” kata Spicer ketika ditanya tentang posisi Presiden AS Donald Trump di Laut China Selatan.

Juru bicara kementerian luar negeri China Hua Chunying menanggapi dengan mengatakan Amerika serikat untuk berhati-hati dalam mengeluarkan kata-kata untuk menghindari rusaknya perdamaian dan stabilitas di kawasan itu. South China Morning Post menulis Jumat 27 Januari 2017 bahwa militer China terus dipersiapkan menghadapi konflik militer yang mungkin akan terjadi.

Ian Storey, seorang peneliti senior di ISEAS-Yusof Ishak Institute di Singapura, mengatakan beberapa komentar dari penasihat kunci Trump menunjukkan bahwa Amerika Serikat akan mengejar kebijakan yang lebih keras terhadap Beijing di Laut China Selatan selama empat tahun ke depan.

“Dalam kondisi ini sangat tidak mungkin China akan berkompromi terkait klaim kedaulatannya dalam menghadapi tekanan Amerika, kita dapat yakin bahwa sengketa akan semakin mengarah pada titik berisiko antara Beijing dan Washington,” katanya dikutip South China Morning Post.

Presiden Xi Jinping juga terus mengawasi reformasi besar-besaran dalam militer China untuk meningkatkan kemampuan tempurnya. Sebuah perombakan besar juga berlangsung di jajaran petinggi militer. Wakil Admiral Shen Jinlong, komandan Armada Selatan Angkatan Laut telah diangkat sebagai kepala PLA Navy menggantikan Laksamana Wu Shengli yang memasuki masa pensiun. Sementara itu, Wakil Laksamana Yuan Yubai, mantan komandan North Sea Fleet, telah dipromosikan untuk memimpin Southern Theatre Command, yang berfokus pada Laut China Selatan.

“Mempromosikan perwira angkatan laut untuk komando teater bertujuan memanfaatkan mereka secara maksimal dan bersiap-siap untuk memenangkan perang,” kata Song Zhongping, seorang komentator urusan militer di Phoenix TV. Song mengatakan angkatan laut telah menjadi fokus dari perkembangan terakhir militer China, dengan investasi besar-besaran dan pembangunan sejumlah besar kapal.

0 comments:

Post a Comment