Friday 24 February 2017

Gallipoli, Bencana Perang Dunia I Yang Berakhir Dengan Sejarah Yang Aneh


Pada tanggal 25 April 1915, 78.000 tentara Inggris, Prancis, Australia, dan Selandia Baru menyerbu pantai semenanjung Gallipoli di tengah kemarahan senapan mesin dan tembakan meriam Ottoman Turki. Ini adalah D-Day Perang Dunia I.

Serangan amfibi yang dimaksudkan untuk membongkar senjata Turki yang ditempatkan di Selat Dardanella. Namun akhirnya gagal total. Mereka tidak mampu menembus garis parit dan para petempur Turki.

Pasukan Entente menghabiskan delapan bulan dan 47.000 jiwa untuk maju maksimum empat mil dan mereka tidak pernah bisa lebih dekat lagi.

Bagaimana hasilnya begitu parah?. Bahkan Gallipoli ditakdirkan untuk gagal sejak awal. Itu adalah operasi yang ditentukan oleh tekanan politik dan didasarkan pada tujuan strategis yang hampir tidak mungkin.

Perang ini buru-buru disusun, dilaksanakan oleh tentara yang hampir tidak melalakukan persiapan dan pelatihan amfibi.

BENIH BENCANA


Jalan ke Gallipoli dimulai pada tanggal 3 November 1914, ketika First Lord Admiralty Winston Churchill memerintahkan pemboman benteng Turki di mulut Dardanella untuk menanggapi masuknya Kekaisaran Ottoman ke dalam perang di sisi Jerman.

Sebuah serangan yang dikatakan 'menipu'. Hanya dengan empat kapal penjelajah sekutu dan dua puluh menit serangan, yang merupakan inisiatif Churchill diwarnai keberuntungan karena satu tembakan memukul langsung senjata Turki dan mengnonaktifkan sekitar selusin senjata berat.

Tetapi serangan awal ini sebenarnya tidak mengakibatkan kerusakan signifikan terhadap pertahanan Ottoman dan cepat diperbaiki.

Namun, membawa dua konsekuensi jangka panjang. Yang pertama adalah untuk mempercepat penguatan Turki di semenanjung Dardanella dan Gallipoli, suatu proses yang berlangsung enam bulan ke depan.

Yang kedua adalah serangan pertama ini memunculkan optimisme Churchill. Inilah yang dimaksud 'menipu'. Ia menjadi pendukung gencar untuk melakukan serangan angkatan laut terhadap Kekaisaran Ottoman dan  berniat akan mengakhiri Turki.

Di perang darat di Prancis, perencana militer Inggris dan Prancis sedang mencari cara untuk membuka front baru melawan Jerman untuk membantu Rusia yang terkepung. Seiring waktu berlalu, usulan Churchill menjadi lebih menarik.

Sebuah tindakan angkatan laut untuk menguasai Dardanella yang dianggap sebagai membersihkan jalan melalui Laut Hitam Rusia dan membantu membuka front baru melawan Jerman. Dengan menempatkan Istanbul dibawah ancaman serangan langsung.

Royal Navy belum pernah beroperasi di perairan yang begitu sempit dan  dikelilingi oleh senjata berat, penuh dengan ranjau, dan dilengkapi dengan puluhan baterai mortir mobile.

Pada akhirnya, lobi Churchill menang. Sebuah operasi angkatan laut besar-besaran dengan persiapan untuk pendaratan amfibi. Bahkan perencana militer menginstruksikan kapal perang tua dan usang ikut berlayar.

D-DAY 43 HARI


Sebuah armada besar terbentuk dengan 16 kapal perang, banyak kapal perusak dan kapal penjelajah, dan segerombolan penyapu ranjau yang berlayar ke Dardanella pada tanggal 18 Maret 1915.

Ini adalah armada terbesar yang pernah terlihat di wilayah itu. Kapal-kapal bergerak lambat tetapi mantap. Dan tembakan pertahanan pantai di kedua sisi selat mulai terjadi dan membawa korban termasuk juga karena ranjau. Tiga kapal perang tenggelam; beberapa lainnya rusak.

Sebanyak 700 pelaut tenggelam. Itu kerugian terburuk untuk Royal Navy di lebih dari satu abad. Churchill dan perencananya memutuskan untuk mencoba lagi, kali ini dengan pasukan darat.

Komandan Mediterania Expeditionary Force (MEF) baru diangkat yakni Jenderal Ian Hamilton, seorang veteran pertempuran yang sangat dihormati yang sebelumnya telah bertugas membela pulau-pulau Inggris.

Hamilton, memimpin 78.000 tentara infanteri Inggris, Prancis, Australia, dan Selandia Baru. Dia hanya tahu bahwa ia harus bertindak cepat. Sebagaimana ditulis Korps Marinir Mayor CR Spofford dalam studi 1994 tentang perencanaan Gallipoli ini:

Hamilton berangkat hari berikutnya ke Mediterania Timur, hanya dengan sedikit pemahaman dan sebagian besar berpengalaman sebagai Staf Umum, Hebatnya, 43 hari kemudian, ia akan memimpin serangan amfibi pada skala yang belum pernah disaksikan sebelumnya.

Dalam waktu yang singkat ini, ia telah mengorganisir, melengkapi, dan melatih pasukan multinasional untuk serangan amfibi melawan musuh yang secara jumlah lebih unggul dan siap. Namun, hanya tujuh bulan kemudian, ia akan dibebaskan dari perintah.

Meskipun Hamilton penuh semangat memimpin dan mengkoordinasikan 78.000 tentara dari empat negara di sekitar 200 kapal (prestasi yang luar biasa dalam kondisi apapun, apalagi ketika teknologi terbatas pada pada era Perang Dunia I), ia akhirnya menemui kegagalan total sebagai komandan.

Ditekan oleh politik dan harapan atasannya, ia ditolak ketika meminta lebih banyak waktu atau sumber daya, apalagi laporan akurat situasi di lapangan. Dalam ledakan amarah, ia bahkan membantah staf administrasi yang menyarankan lebih baik datang terlambat untuk melakukan apapun yang baik.

Hamilton juga menciptakan taktik amfibi baru dan belum teruji, bahwa ia memiliki sedikit waktu untuk mengantisipasi pertempuran yang sebenarnya. Dia hampir tidak ada pengetahuan tentang medan Gallipoli, maupun jumlah pasukan Turki.

Dia yakin Turki akan lari pada kontak pertama. Ini adalah kesalahan besar. Di Gallipoli, dari Entente menghadapi beberapa divisi infanteri paling terlatih dan terbaik di Angkatan Darat Ottoman.

Sebelumnya kegagalan strategis dan operasional Gallipoli telah membawa korban orang-orang yang mencapai pantai berbatu (banyak dengan perahu dayung) pada pagi hari tanggal 25 April 1915. Landing di lima pantai yang terpisah, serangan Entente segera dilanda ketidakpastian dan koordinasi yang buruk.

Para prajurit dari Korps Tentara Australia dan Selandia Baru (ANZAC) dikelilingi oleh tebing curam di tiga sisi, berlapis dengan garis parit Turki dan sarang senapan mesin. Meski awalnya seimbang, Turki dengan cepat menguat dan mulai melumpuhkan sekutu. Pembantaian pun terjadi.

Masalah logistik segera melanda. Dalam rangka untuk menghindari kesulitan mendapat persediaan, staf Hamilton telah menentukan bahwa setiap orang harus membawa jatah dan air di samping kit tempur mereka untuk tiga hari.

Tetapi ketika melompat dari kapal ke perairan terbuka yang terlalu dalam dan jauh dari pantai, tentara harus memilih antara meninggalkan ransel atau tenggelam karena berat badan mereka.

Lebih buruk lagi, kapal-kapal rumah sakit Inggris segera dibanjiri pasien yang jumlahnya sepuluh kali lipat dari perkiraan. Ribuan orang yang terluka dan mati.

Pada penutupan hari pertama, pasukan dari Entente berada di tempat yang sesuai dengan rencana. Dengan tentara Ottoman yang mulai menekan serangan balik. Hari-pun berubah menjadi minggu, kedua belah pihak membenamkan lebih dalam cliffsides berbahaya Gallipioli ini dan membuat Sekutu makin sulit.

Hal memburuk. Karena pasukan Entente hanya menguasai sebagian area, mereka-pun terus-menerus dibombarddir artileri Turki. Tidak ada air, semua persediaan harus diangkut melalui laut. pada saat itu air dan makanan luar biasa langka. Ada sedikit lahan yang tersedia untuk lubang jamban dan tidak ada cara untuk mengambil atau menguburkan orang mati.

Penyakit-pun mulai menyerang dan efeknya terbukti sama berbahayanya seperti tembakan meriam. Pada bulan Agustus, sekitar 80 persen dari tentara ANZAC lumpuh oleh disentri. Pertempuran menjadi putus asa. Para tentara berjuang bahu-membahu melalui gelapnya jaringan terowongan yang dibuat. Tentara terluka didorong melewati tepi jurang. Korban akhirnya akan membengkak dan mati.

HAMILTON DIPECAT & SEJARAH ANEH


Hamilton berusaha untuk memecahkan kebuntuan pada awal Agustus 1915 dengan upaya pendaratan baru yang berani. Hasilnya adalah 25.000 korban tambahan dan hilangnya momentum dalam waktu dua hari.

Pada bulan Oktober, ada informasi datang bahwa pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan evakuasi penuh. Hamilton marah dan menolak untuk mundur, meminta lebih banyak orang dan mengklaim bahwa evakuasi akan menyebabkan tingkat kecelakaan 50 persen. Dia kemudian dipecat tiga hari kemudian.

Pengganti Hamilton, Sir Charles Monro, mulai segera merencanakan sebuah operasi evakuasi. Evakuasi itu, disimpulkan pada 9 Januari 1916, yang menjadi pijakan paling sukses dari seluruh kampanye. 140.000 tentara diselamatkan, hampir tanpa insiden.

Tidak semua orang setuju dengan keputusan untuk menarik diri. “Dia datang, dia melihat, dia menyerah,” gerutu Churchill ke Monro. Churchill telah keluar dari kekuasaan sejak Mei, dipecat karena terlibat dalam perang yang salah di Gallipoli.

Pada tahun 1917, sebuah pengadilan khusus, Komisi Dardenelles, merilis penilaian pertama dari perencanaan dan pelaksanaan kampanye Gallipoli. Komisi ini mengecam Churchill dan Hamilton, menyimpulkan bahwa perencanaan operasi itu telah penuh dengan asumsi tidak berdasar, kesulitan operasi banyak diremehkan.

Hamilton menikmati masa pensiun yang panjang dan damai. Churchill, tentu saja, akhirnya mengembalikan kejayaan politiknya dan memimpin bangsanya melalui perang dunia II hanya 20 tahun kemudian.

Keberhasilan D-Day pendaratan 6 Juni 1944 yang merupakan pendaratan amfibi terbesar dalam sejarah, yang berutang banyak pelajaran berdarah dari pengalaman di Gallipoli.

Sejarah aneh karena Churchill memainkan peran penting dalam kedua operasi yang mirip tetapi dengan hasil yang jauh berbeda.

0 comments:

Post a Comment