Monday 27 February 2017

Vietnam Cari Pesawat Latih, Yak-130 atau L-39?


Vietnam belum berhenti membangun kekuatan udara mereka. Setelah pengiriman jet tempur Su-30 yang dibeli dari Rusia, kini Vietnam mencari jet latih canggih.

Vietnam dihadapkan pada dua pilihan apakah akan mengakuisi Yak-130 yang dibangun Rusia atau pesawat latih generasi baru L-39 yang dibangun Ceko.

Media Rusia tentu saja mendorong Vietnam untuk memilik Yak-130 dengan menunjukkan sejumlah kemampuan yang tidak akan ditandingi oleh L-39. Ahli penerbangan Rusia Makar Aksyonenko sebagaimana dikutip Sputnik mengatakan bahwa meskipun L-39 telah digunakan oleh beberapa generasi pilot Rusia dan negara lain, tetapi pesawat ini sudah ketinggalan zaman.


“L-39 adalah pesawat bermesin tunggal dan avionik yang tidak lagi cocok dengan pesawat tempur modern seperti Su-30, Su-35 dan MiG-35. Ini berarti bahwa tidak bisa lagi digunakan sebagai trainer untuk pilot modern,” kata Aksyonenko Minggu 26 Februari 2017

Dia menambahkan bahwa tidak seperti pelatih Ceko, Yak-130 Rusia dirancang untuk memastikan kemampuan beradaptasi maksimum pilot untuk terbang dengan pesawat tempur modern.

“Dengan Yak-130 Anda bisa meniru terbang pesawat serangan darat atau pesawat tempur. Selain itu, pesawat dapat membawa senjata modern yang berarti tidak hanya untuk pesawat latih tetapi juga untuk bertempur. Yak-130 bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk Vietnam, “kata Makar Aksyonenko.

”Vietnam membutuhkan pelatih dengan karakteristik sedekat mungkin dengan  pesawat tempur supersonik yang nantinya akan mereka terbangkan. Meski pesawat subsonik Yak-130 dilengkapi kemampuan untuk meniru perilaku pesawat dalam kondisi penerbangan supersonik,“ kata Aksyonenko.


Sekali lagi ini versi pengamat Rusia.

0 comments:

Post a Comment